Wednesday , November 22 2017
Home / Pustaka / Nikmatnya Puasa Ramadhan

Nikmatnya Puasa Ramadhan

 

Judul Buku  : Kupas Tuntas Puasa Ramadhan
Penulis          : Muhammad Khozin
Penerbit        : Himmah Media
Tebal              : 202 Halaman
Terbit             : Juli 2009

Tuntunan Sederhana Menjalankan Puasa

depokklik.com — Datangnya bulan Ramadan dan perintah menjalankan ibadah puasa merupakan keistimewaan bagi Umat Islam di seluruh dunia. Karena selama bulan Ramadan segala amal ibadah dilipat-gandakan, bahkan dalam Hadis Nabi Muhammad SAW mengatakan pada bulan Ramadan pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.

Allah SWT pun menempatkan bulan Ramadan sebagai bulan yang spesial bagi umat Islam. Karena bulan Ramadan merupakan bulan berkah, pengampunan, dan menjauhkan dari api neraka. Bagi umat Islam, bulan Ramadan pun menjadi ajang menempa mental, emosi, kecerdasan spiritual, meningkatkan ibadah, untuk mencapai gelar hamba yang bertakwa.

Berpuasa di bulan Ramadan pun merupakan bentuk ibadah yang lengkap karena melibatkan aktivitas fisik dan rohani. Ketika seseorang sedang berpuasa hakikatnya dia sedang berkomunikasi dengan Allah SWT. Karena itu, ibadah puasa hanya diketahui antara Allah SWT dan hambanya, makanya pahala berpuasa pun untuk hambanya langsung ditentukan Allah SWT.

Puasa pun tak hanya menyangkut ibadah secara vertikal, juga ibadah secara horisontal. Dengan berpuasa, umat Islam dilatih untuk bertoleransi dengan sesama muslim dan manusia lainnya. Larangan makan dan minum di siang hari melatih kepekaan hati terhadap orang lain yang kesulitan, kerap mengalami kelaparan dan kehausan.

Jadi sangat rugi bila bulan Ramadan ini tidak diisi dengan berbagai amal ibadah dan perbuatan baik. Selain dijanjikan pahala yang berlipat ganda, kita akan dilatih memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan. Belum lagi keuntungan berupa kesehatan jasmani yang diperoleh dengan menjalankan puasa.

Untuk membantu mengisi bulan Ramadan dengan berbagai amal ibadah yang baik, buku Kupas Tuntas Puasa Ramadan terbitan Himmah Media menyajikan tuntunan untuk melaksanakan puasa. Buku karya Muhammad Khozin setebal 202 halaman secara sederhana menjelaskan tentang adab berpuasa sampai berbagai ibadah yang dianjurkan, seperti salat tarawih, dan salat-salat malam lainnya.

Dalam buku ini disampaikan tentang keutamaan menjalankan ibadah puasa, rahasia-rahasia yang terkandung dalam ibadah puasa dan bulan Ramadan. Semua disampaikan dengan bahasa yang ringan sehingga buku ini membantu memahami hakikat puasa dan Ramadan dengan mudah.

Paling tidak buku ini mengajak kita mengulang kembali pemahaman tentang berpuasa di bulan Ramadan. Agar segala amal ibadah yang dilakukan tidak sia-sia dengan hanya merasakan lapar dan haus saja. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *