Wednesday , November 22 2017
Home / Pedidikan / Hadapi PPDB, Kepala Sekolah di Depok Teken Pakta Integritas

Hadapi PPDB, Kepala Sekolah di Depok Teken Pakta Integritas

depokklik.com — Para kepala sekolah di Depok meneken pakta integritas untuk mengedepankan kejujuran dan mematuhi aturan pelaksanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2015 ini.

“Sebagai panitia PPDB, semua kepala sekolah sudah teken pakta integritas sebelum PPDB dimulai,” kata Jumait Kepala Seksi Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkot Depok, Kamis (25/6/2015).

Dengan pakta integritas itu diharapkan pelaksanaan PPDB tahun berjalan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Kalau ada kepala sekolah yang melanggar, kata Jumait akan mendapatkan sanksi yang sudah diatur oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Herry Pansila.

Untuk itu, Jumait mengingatkan kepala sekolah untuk memegang erat pakta integritas yang sudah diteken.

Jumait mengakui sudah mendengar informasi meningkatnya permintaan masyarakat akan surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Surat itu disinyalir digunakan untuk persyaratan memanfaatkan kuota penduduk miskin dalam PPDB yang kuotanya mencapai 20 persen dari total daya tampung. SKTM itu banyak dikeluarkan kelurahan Cilodong dan Cimanggis.

“Nanti kepala sekolah akan melakukan survei, apakah benar penduduk miskin atau tidak. Kalau ternyata ada orang kaya melampirkan SKTM dalam berkas calon peserta didik baru langsung ditolak,” kata Jumait.

Menurut Jumait, pihaknya tidak perlu turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan. “Kita percayakan kepada para kepala sekolah,” katanya.

Jumait belum bisa memastikan berapa daya tampung SMA tahun ini, karena masih menunggu laporan berapa jumlah anak yang tidak naik kelas dan berapa yang pindah.

Meskipun berdasarkan pengalaman, rata-rata anak yang tidak naik kelas 2-3 orang tiap sekolah, Jumait tetap menunggu laporan resmi dari masing-masing sekolah.

“Dari laporan itu baru bisa diketahui berapa daya tampung sebenarnya,” katanya.

Di Depok, saat ini terdapat 13 SMA yang tersebar hampir merata di semua kecamatan.

Di kota Depok untuk pendafataran SMA sudah disediakan dan dapat diakses dalam laman seputar pelaksanaan PPDB dalam https://depok.siap-ppdb.com/ (*)

Check Also

Menata Sistem Perbukuan Nasional

Nuroji depokklik.com — Buku merupakan salah satu sumber utama dari ilmu pengetahuan, informasi, teknologi, seni dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *