Wednesday , November 22 2017
Home / Pedidikan / Lulusan Siswa Homeschooling Sama dengan Sekolah Formal

Lulusan Siswa Homeschooling Sama dengan Sekolah Formal

depokklik.com — Semula aktivitas sekolah rumah atau kerap dikenal dengan istilah homeschooling keberadaan dan legalitas lulusannya masih sering dipertanyakan. Akan tetapi, kini homeschooling sudah mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat, lebih khusus lagi sudah diakui keberadaannya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan TK/SD Kecamatan Sawangan, Sada mengatakan bahwa nantinya para siswa yang tergabung belajar melalui homeschooling akan dapat mengikuti ujian seperti siswa reguler pada umumnya.

“Disdik Kota Depok sudah mengakomodir kehadiran homeschooling dengan menyamakan lulusannya dengan sekolah formal yang ada,” ujar Sada, Senin (29/6/2015).

Dirinya juga menjelaskan, nantinya para siswa homeschooling wilayah Kecamatan Sawangan akan didaftarkan pula pada sekolah rujukan yang sudah ditunjuk. Sekolah-sekolah itu yakni untuk tingkat SD akan merujuk pada SDN 02 Sawangan, tingkat SMP didaftarkan pada SMPN 10 Depok, dan tingkat SMA akan menginduk pada SMAN 5 Depok.

Sementara itu, bagi siswa homeschooling yang tidak terdaftar secara formal di UPT Pendidikan TK/SD Sawangan akan tetap bisa mengikuti ujian akhirnya melalui ujian kesetaraan.

“Untuk ujian kesetaraan yang akan mengadakan ialah Bidang PNFI Disdik Kota Depok,” tandasnya.

Terkait ijazah yang nantinya akan dikeluarkan, antara yang menginduk ke sekolah formal dengan mengikuti ujian secara umum maupun yang mengikuti ujian kesetaraan mempunyai legalitas yang sama. Artinya, para orangtua tidak perlu ragu lagi apabila ingin menyekolahkan anaknya dengan sistem homeschooling.

“Sekarang sudah tidak perlu ragu lagi karena homeschooling telah menjadi sekolah formal. Semoga dengan pengenalan program ini mampu menjadikan pendidikan di Kota Depok yang lebih berkualitas,” tandasnya.

Sementara itu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan TK/SD Kecamatan Sawangan secara resmi mulai membuka pendaftaran peserta didik homeschooling. Bagi yang berminat bisa langsung mendatangi Kantor UPT Pendidikan TK/SD Sawangan di Jalan Raya Abdul Wahab No 13, Sawangan.

“Secara serentak bidang PNFI Disdik Kota Depok sudah membuka pendaftaran peserta didik baru untuk program homeschooling, dan UPT Sawangan pun sudah siap menerima pendaftaran peserta didik bagi yang berminat,” ujar Kepala UPT Pendidikan TK/SD Sawangan, Sada, saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (29/6/2015).

Lebih lanjut Sada menjelaskan bahwa UPT Sawangan menerima pendaftaran peserta didik homeschooling untuk yang mengatasnamakan siswa sendiri atau pribadi, kelompok atau komunitas, maupun campuran antara pribadi dan kelompok.

Dirinya juga mengatakan terkait proses yang akan dilalui antara lain, setelah adanya pendaftaran dari peserta didik, kemudian akan ditentukan sistem pembelajaran yang disepakati antara pihak UPT dengan orangtua murid dan murid itu sendiri. Selain itu, UPT Pendidikan Sawangan menyediakan pula guru yang dibutuhkan para peserta didik.

Sada juga menambahkan, apabila sudah dimulai proses belajar mengajar, orangtua murid menentukan apakah guru yang sudah disepakati sebelumnya akan mengajar di rumah atau datang ke kelompok atau komunitas tertentu.

“Tidak semua anak bisa bersekolah di sekolah formal, untuk itu kami memfasilitasi dengan bersekolah di rumah dengan sistem homeschooling,” tambah Sada.

Sementara itu, untuk mendaftarkan anaknya ke program homeschooling ini baik di jenjang SD, SMP, maupun SMA para orangtua siswa cukup melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan, di antaranya mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan fotokopi KTP orangtua dan Kartu Keluarga (KK), membuat surat pernyataan orang tua dan surat pernyataan anak, menyerahkan fotokopi rapor atau ijazah terakhir, foto 3×4 sebanyak 10 lembar, dan foto 2×3 sebanyak 5 lembar. (*)

Check Also

Menata Sistem Perbukuan Nasional

Nuroji depokklik.com — Buku merupakan salah satu sumber utama dari ilmu pengetahuan, informasi, teknologi, seni dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *