Wednesday , November 22 2017
Home / Depok / Nuroji: Pancasila Kukuhkan Jiwa Kebangsaan
????????

Nuroji: Pancasila Kukuhkan Jiwa Kebangsaan

depokklik.com — Anggota MPR RI Ir. H. Nuroji menegaskan bahwa Pancasila sebagai salah satu pilar kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi panduan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus mampu mengukuhkan jiwa kebangsaan.

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut adalah Pancasila,UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Melalui pengamalan nilai-nilai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, di antaranya Pancasila, diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme generasi penerus bangsa dalam membangun negeri,” ujar Nuroji dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Depok, Senin (28/9/2015).

Selanjutnya Wakil Ketua Komisi X (Bidang Pendidikan) DPR RI ini menjelaskan, Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia. Selanjutnya menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Empat Pilar, lanjut Nuroji, merupakan konsepsi kenegaraan Indonesia yang menjadi prasyarat minimal bagi Bangsa Indonesia untuk bisa berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian Bangsa Indonesia.

“Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa Empat Pilar adalah prinsip-prinsip moral kehidupan keindonesaian yang memandu tercapainya perikehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” tutut politisi dari Partai Gerindra ini.

Pemilihan nilai-nilai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, menurut putra asli Depok ini, tidak lain adalah untuk mengingatkan kembali kepada seluruh komponen bangsa agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara terus dijalankan dengan tetap mengacu kepada tujuan negara yang dicita-citakan serta bersatu padu mengisi pembangunan agar bangsa ini dapat lebih maju dan sejahtera.

“Empat pilar ini akan menjadi panduan yang efektif dan nyata apabila segenap elemen bangsa dan para penyelenggara negara dan masyarakat konsisten mengamalkan dalam arti seluas-luasnya,” ujarnya.

“Acara ini dianggap sebagai hal positif yang perlu dijadikan agenda berkelanjutan dimasyarakat mengingat semakin modern nya masyarakat kita dan semakin terkikis dengan dengan budaya asing sehingga mengabaikan nilai-nilai kebangsaan yang menjadi jati diri bangsa,”

“Liberalisme ekonomi terjadi karena kita mengabaikan sila-sila dalam Pancasila, terutama sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab serta sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Konflik horizontal terjadi karena kita lalai pada Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Nuroji. (jn)

Check Also

Nuroji: Demokrasi Kita Menghendaki Keadilan Segala Bidang

depokklik.com — Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Nuroji mengatakan dalam kehidupan berdemokrasi, tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *