Wednesday , November 22 2017
Home / Nasional / Nuroji: Bangun Nasionalisme dengan Mengingat Sejarah

Nuroji: Bangun Nasionalisme dengan Mengingat Sejarah

depokklik.com — Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI), Nuroji mengatakan, kita perlu membangun rasa nasionalisme dengan belajar dari pengalaman sejarah bangsa. Dengan meminjam ucapan Presiden Soekarno dalam pidatonya, bahwa untuk membangkitkan rasa nasionalisme kita harus belajar pada sejarah.

“Nasionalisme tumbuh subur di taman sarinya nasionalisme dan taman sari hanya bisa berbunga di nasionalisme. Karena itu kita perlu mengkaji dan belajar perjalanan sejarah bangsa kita,” kata Nuroji dalam Sosialisasi MPR tanggal 19 April 2016, di Cilodong, Depok.

Selanjutnya, Anggota DPR RI yang berasal dari Partai Gerindra ini mengingatkan bahwa untuk menanamkan rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air harus dimulai sejak dini.

“Menanamkan rasa cinta Tanah Air sejak usia dini. Salah satu caranya menanamkan sikap bangga menjadi bangsa Indonesia, mencintai bangsa sendiri serta memperkenalkan dan mencintai budaya-budaya asli Indonesia kepada anak-anak sejak usia dini,” terang Nuroji.

Selain itu, Nuroji juga mengatakan bahwa upaya membangun rasa nasionalisme juga dalam rangka memfilter pengaruh budya luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita.

“Memfilter budaya luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Responden menilai budaya asing yang masuk, diserap secara keseluruhan oleh generasi muda tanpa menyaringnya lebih dahulu. Padahal budaya asing tersebut tidak sesuai dengan identitas bagsa Indonesia,” tandasnya.

Dalam membangkitkan rasa nasionalisme juga dpat melalui dengan jalur seni, karena dengan rasa seni itulah nilai-nilai nasionalisme daspat dibangkitkan.

“Menciptakan karya seni yang mengandung nilai nasionalisme. Misalnya dengan menciptakan lagu-lagu yang bermakna nasionalisme. Hal ini disebabkan terlalu banyak karya seni dari generasi muda banyak diinspirasikan dari seni negara-negara luar, seperti Jepang, Inggris, Amerika, dan lain-lain,” tandas wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Kota Depok dan Bekasi ini. (*)

Check Also

Jokowi Dikritik Soal Demokrasi ‘Kebablasan’

depokklik.com — Presiden Jokowi menyatakan praktik politik ekstrim sekarang ini lantaran demokrasi kita kebablasan ‘Demokrasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *