Wednesday , November 22 2017
Home / Depok / PMI Depok Gerak Cepat Atasi Bencana Longsor

PMI Depok Gerak Cepat Atasi Bencana Longsor

depokklik.com — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, mengirimkan tim tanggap darurat untuk meninjau korban bencana longsor di Perum Pesona Khayangan, RT 09/RW 16 Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

“Kami tadi mengirimkan sebanyak empat orang tim untuk meninjau ke lokasi. Mereka adalah dua orang tim pertolongan pertama, dan dua orang anggota penanggulangan bencana,” jelas Kepala Seksi Pelayanan PMI Kota Depok Imron Maulana, Selasa 21 Februari 2017.

Imron mengatakan, informasi mengenai bencana tanah longsor tersebut diperoleh dari tim tanggap bencana kota Depok. Setelah mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk mengirim sejumlah tim relawan.

“Kami mendapat informasi pukul 06.30 wib. Kebetulan dari dinas pemadam kebakaran yang menghubungi. Setelah itu, kami siapkan tim untuk berangkat kesana,”paparnya.

Berdasarkan laporan yang diperoleh dari tim tanggap bencana PMI Depok, peristiwa tanah longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, satu rumah warga dikabarkan mengalami kerusakan.

“Dari laporan tim kami, ada satu rumah warga atas nama Ibu Bambang di RT 09/RW 16 yang mengalami kerusakan di bagian dapur,” katanya.

Dia menambahkan, PMI Depok akan berkoordinasi dengan tim yang dikirim ke lokasi bencana tersebut. Untuk menentukan bantuan apa yang akan dikirimkan.

“Kami akan rapat dengan tim tanggap darurat yang tadi ke lokasi dulu. Setelah itu akan kami buat daftar bantuan yang paling dibutuhkan oleh korban,” tutupnya.

 

Tebing Longsor

Satu rumah rusak akibat longsor yang terjadi di tebing Perumahan Pesona Kayangan, Depok dinihari tadi. Longsor dipicu hujan deras yang mengguyur Depok sejak semalam. Longsor diketahui sekitar pukul 05.00 WIB.

Furkan, salah satu saksi mengatakan, longsor mengagetkan warga. Suaranya terdengar seperti runtuh. “Kami kaget dan keluar rumah,” katanya.

Begitu mengetahui ada tebing yang longsor warga langsung melapor ke pengurus. Tidak ada korban jiwa dalam longsor ini. “Tidak ada korban. Kami lapor ke pengurus,” ungkapnya.

Warga diimbau agar tetap waspada. Karena hujan masih terus terjadi. “Maka kita harus tetap waspada karena ini sangat berpotensi banjir dan longsor,” katanya.

Atas kejadian tersebut pihaknya belum bisa mengetahui dengan pasti berapa total kerugian yang dialami. Petugas masih mengevakuasi tebing yang longsor dengan beberapa alat berat. (*)

Check Also

Nuroji: Rakyat Indonesia Perlu Menyatu Dalam Keberagaman

depokklik.com — Annggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Nuroji mengatakan, adanya pemahaman yang mendalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *