Wednesday , November 22 2017
Home / Seni Budaya / Nuroji: Budaya Jadi Spirit Pembangunan Bangsa

Nuroji: Budaya Jadi Spirit Pembangunan Bangsa

depokklik.com — Kebudayaan menjadi tulang punggung bagi suatu bangsa, karena itu budaya akan menjadi yang terdepan bagi pembangunan bangsa.

“Peran budaya dalam membangun bangsa sangat mendasar karena menyangkut nilai-nilai kehidupan yang melandasi sebuah tatanan masyarakat,” kata Anggota MPR RI, Ir Nuroji dalam Sosialisasi atas Keputusan MPR RI, di Depok, Sabtu (15/4/2017).

Menurut Nuroji, semua itu dilandasi oleh pemahaman pentingnya kebudayaan dalam keseluruhan program pembangunan bangsa menuju Indonesia yang adil, makmur, demokratis, dan sejahtera.

“Tanpa pembangunan kebudayaan, baik itu kesenian, sastra, tradisi lokal ataupun pemikiran budaya, sebuah bangsa akan kehilangan spirit dan ruh kehidupan masyarakatnya,” tandas Anggota Komisi X DPR RI ini.

Peran budaya dalam membangun bangsa sangat mendasar karena menyangkut nilai-nilai kehidupan yang melandasi sebuah tatanan kehidupan masyarakat. Nuroji mencontohkan, kemajuan Korea Selatan adalah sebuah kasus nyata bagaimana kebudayaan mereka berhasil dikapitalisasi menjadi produk-produk industri kreatif.

Namun demikian, politisi Partai Gerindra itu mengingatkan bahwa hal ini hanya dimungkinkan jika nilai-nilai budaya mereka telah mengakar kuat sebagai sendi kehidupan masyarakat.

“Artinya, rakyat Korea adalah masyarakat yang menjadikan tradisi dan budaya mereka sebagai landasan dalam setiap sendi kehidupan,” tandasnya.

Dengan demikian, untuk dapat berhasil, masyarakat Indonesia perlu membangun sendi kehidupan masyarakatnya berdasarkan nilai budaya dan tradisi mereka.

Selanjutnya Nuroji menjelaskan bahwa pendidikan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, seperti kasus, Korea Selatan. Masyarakat yang kehilangan nilai budaya dan tidak mampu mengaktualisasikan seni-budaya mereka akan menjadi masyarakat yang kehilangan fondasi etik dalam tatanan kehidupan mereka.

 

Karenanya, fungsi pendidikan kebudayaan adalah pembangunan karakter suatu masyarakat. “Itulah peran fundamental pendidikan kebudayaan dalam keseluruhan program pembangunan yang dicanangkan Negara,” jelas putra asli Depok ini.

Nuroji melanjutkan penjelasannya bahwa peran budaya dalam membangun dan memajukan bangsa adalah membentuk karakter dan moral bangsa. “Krisis karakter, generasi muda yang tidak punya prinsip dan integritas adalah indikasi kegagalan pembangunan kebudayaan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *