Wednesday , November 22 2017
Home / Nasional / Nuroji: Penguatan Bangsa Melalui Peningkatan SDM Pemuda Unggul

Nuroji: Penguatan Bangsa Melalui Peningkatan SDM Pemuda Unggul

depokklik.com — Anggota MPR RI dari Fraksi Partai GERINDRA, Nuroji mengatakan, untuk menjadi bangsa yang unggul, diperlukan sumbera daya yang unggul. Sumber daya manusia yang strategis adalah sumber daya Pemuda yang unggul. Karena dengan sumber daya pemuda yang unggul, memungkinkan bangsa Indonesia menghadapi tantangangan masa yang akan datang.

“Peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan SDM yang unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan Negara yang makmur. Melalui SDM Pemuda yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional,” tutur Nuroji dalam Sosialisasi produk-produk MPR RI, di Depok, Selasa 18 Juli 2017.

Dalam kaitan ini, Nuroji menjelaskan, terdapat beberapa hal yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas SDM, antara lain, pertama adalah sistem pendidikan yang baik dan bermutu. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

“Pemerintah dalam hal ini memiliki peran penting dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisien, berorientasikan pada penguasaan iptek, serta merata di seluruh pelosok tanah air,” tutur Anggota Komisi X DPR RI Bidang Pendidikan itu.

Selanjutnya, Nuroji menjelaskan, untuk yang kedua, adalah penguatan peran agama dalam kehidupan sosial bermasyarakat dalam rangka memperkokoh jati diri dan kepribadian bangsa (character building).

“Ketiga adalah peningkatan kapasitas SDM melalui berbagai diklat, kompetensi, pembinaan dan lain-lain. Tenaga kerja profesional dan terampil sesuai tuntutan/kebutuhan pasar merupakan faktor keunggulan suatu bangsa dalam menghadapi persaingan global. Pemerintah memegang peranan penting dalam menyiapkan program-program strategis guna menghasilkan SDM berkualitas dan siap memasuki pasar kerja.”

Untuk yang terakhir, Anggota DPR RI dari Dapil Depok-Bekasi ini menandaskan, perlunya pembinaan dan pengembangan masyarakat terutama generasi muda. Sebagai penopang utama dalam roda pembangunan, pemberdayaan generasi muda diharapkan dapat menciptakan generasi yang kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi.

“Karakteristik generasi muda seperti inilah yang diharapkan mampu berkonstribusi dan memenangkan persaingan global,” pungkas Nuroji. (***)

Check Also

Nuroji: Pancasila Perlu Disampaikan Secara Kreatif

depokklik.com — Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya harus menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *