Friday , December 15 2017
Home / Nasional / Nuroji: Kita Perlu Membangun Bangsa Mulai Hal Sederhana

Nuroji: Kita Perlu Membangun Bangsa Mulai Hal Sederhana

depokklik.com — Tak terasa seiring bergulirnya waktu, usia negara tecinta Indonesia telah mencapai 72 tahun. Sebagai anak bangsa, kita selalu meletakkan Indonesia dalam hati dan jiwa kita.

 

Untuk itu, terkait dengan sikap dan tindakan kita sehari-hari yang dapat membangun bangsa dan negara ini, menurut Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Nuroji, ada beberapa sikap dan tindakan sederhana yang bisa untuk membangun bangsa ini.

 

“Sikap sederhana pertama yang dapat dikembangkan adalah cinta tanah air (patriotisme). Sebagai rakyat Indonesia yang baik, sudah sepatutnya kita mulai menanamkan rasa ini di dalam hati. Sikap patriotisme ini dapat dimulai dengan mencintai kebudayaan negara kita, serta berusaha mengembangkan kebudayaan ke tingkat yang lebih baik,” tutur Nuroji di Depok, dalam Sosialisasi Keputusan MPR RI, pada hari Sabtu 23 September 2017.

 

Selain itu, Anggota MPR dari Frakasi Gerindra itu menjelasakn, dengan melakukan inovasi-inovasi dan karya-karya baru demi kebaikan negara Indonesia juga termasuk dalam poin sikap pertama ini.

 

Untuk yang kedua, menurut Nuroji, dengan menghargai diri sendiri dan orang lain. Karena setiap manusia tentunya ingin dihargai, termasuk diri kita masing-masing.

 

“Hendaknya, sekarang kita dapat memulai untuk mewujudkannya, dimulai dari diri sendiri hingga kepada orang lain di sekitar kita. Apabila sikap ini ada pada setiap diri insan manusia, akan tercipta suasana damai, aman, dan tenteram. Maukah kita mencoba?,” tanyanya.

 

Selanjutnya putra asli Kota Depok itu menjelaskan bahwa keuletan dan ketekunan merupakan sikap yang sangat penting untuk membangun bangsa ini. Karena individu yang sukses dan berhasil pastinya akan menjalankan sikap ini dalam kehidupan sehari-harinya.

 

“Sikap ketiga yang juga sangat penting adalah ulet dan tekun. Individu yang sukses dan berhasil pastinya menjalankan sikap ini dalam kehidupan sehari-harinya. Kita tentu memiliki mimpi dan impian yang berbeda-beda satu sama lain, dan dalam mewujudkan hal itu dibutuhkan keuletan dan ketekunan dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang datang,” papar Anggota Komisi X DPR RI ini.

 

Yang terakhir, Nuroji yang juga Ketua Dewan Kesenian Kota Depok ini mengingatkan bahwa sikap bijaksana dan dewasa sangat diperlukan oleh bangsa yang besar ini. Karena sikap ini berkaitan erat dengan pola pikir dan tindakan kita ketika menghadapi sebuah pilihan. Bijaksana dan dewasa dari segi pemikiran dan perbuatan akan dapat menjadi modal penting bagi kemajuan seorang individu dalam hidupnya.

 

“Sikap keempat yang harus diperhatikan adalah bijaksana dan dewasa. Sikap ini berkaitan erat dengan pola pikir dan tindakan kita ketika menghadapi sebuah pilihan. Bijaksana dan dewasa dari segi pemikiran dan perbuatan akan dapat menjadi modal penting bagi kemajuan seorang individu dalam hidupnya. Seorang yang bijaksana dan dewasa akan selalu dapat mengambil sebuah nilai positif dibalik setiap perihal yang ia temui. Ia akan melihat segala sesuatu yang datang padanya dari sudut pemikiran yang baik dan berguna baginya,” tandas Nuroji. (*)

Check Also

Jokowi Dikritik Soal Demokrasi ‘Kebablasan’

depokklik.com — Presiden Jokowi menyatakan praktik politik ekstrim sekarang ini lantaran demokrasi kita kebablasan ‘Demokrasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *