Monday , July 16 2018
Home / Politik / Nuroji: Indonesia Perlu Menjaga Keberagaman

Nuroji: Indonesia Perlu Menjaga Keberagaman

depokklik.com — Keberagaman di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindarkan. Karena sejak awal Indonesia sudah mempunyai banyak suku dan budaya. Karena itulah, penting untuk terus menjaga keberagaman di Indonesia, yang dikenal dengan negara yang menjaga toleransi ini.

“Untuk menjaga kebhinekaan, Pemerintah menciptakan sebuah aturan. Misalnya, dilarang menyebar kebencian di ranah publik. Namun, menjaga kebhinekaan tidak cukup dengan aturan saja. Tapi juga perlu implementasi dari ujaran dan perilaku masyarakatnya,” tutur Anggota MPR RI, Nuroji dalam Sosialisasi hasil-hasil keputusan MPR RI, di Depok, Selasa 13 Februari 2018.

Selanjutnya Nuroji menjelaskan, pada dasarnya, setiap suku di Indonesia, mempunyai kearifan lokal untuk mempertahankan keberagaman. Nilai-nilai toleransi juga melekat dalam setiap budaya di Indonesia.

“Suku Jawa misalnya, ada nilai-nilai tepo seliro, yang artinya menjaga nilai tenggang rasa. Sebagai makhluk sosial, tentu diperlukan sikap tenggang rasa antartetangga. Meski terkesan mudah, terkadang kita masih sulit untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Anggota Komisi X DPR RI ini juga mencontohkan dengan hal yang sederhana, seringkali ada tetangga yang membuang sampah di tempat tetangga sebelah, atau tidak mau menegur sapa karena kesal dengan sikap tetangga. Sikap negatif ini bisa memicu perilaku yang intoleran.

“Keramahan dan saling tegur sapa yang selama ini terjadi, hilang begitu saja hanya karena persoalan yang tidak penting. Kondisi ini kian runyam, ketika dimanfaatkan oleh kelompok radikal dan intoleran, untuk menyebarkan paham-paham radikalisme. Melalui sosial media, mereka seringkali menebar kebencian kepada kelompok masyarakat tertentu,” tuturnya.

Akhir-akhir ini, lanjut Anggota Dewan dari Partai GERINDRA ini, perlunya kita menyudahi perselisihan yang ada. Kita terus menyebarkan pesan damai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menebar kedamaian, baik dalam ujaran dan perilaku, akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan menebarkan ujaran kebencian di media sosial atau dalam kehidupan bermasyarakat.

“Berperilaku baik semestinya lebih mudah, karena sedari kecil setiap orang tua pasti mengajarkan nilai-nilai kebaikan dari orang tuanya. Selain itu, tiap-tiap suku juga mempunyai tradisi yang mengajarkan kebaikan. Nilai-nilai kearifan lokal tiap-tiap suku di Indonesia itulah, yang kemudian diimplementasikan dalam nilai-nilai Pancasila,” tutur Anggota DPR RI dari Dapil Kota Bekasi dan Depok ini.

Dengan tetap menjaga keberagaman dengan berperilaku baik,  menurut Nuroji, akan membuat negeri yang kaya ini makin tentram, tidak ada lagi kebencian antarpendukung parpol, tidak ada lagi juga yang mempersoalkan perbedaan agama.

“Semua jadi satu, saling sapa dan saling tolong menolong untuk menciptakan tatanan kehidupan yang adil dan sejahtera. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang toleran, agar terhindar dari perilaku yang intoleran dan radikal,” pungkasnya. (#)

Check Also

Soal Fatwa MUI, JK Tegaskan Disumpah di Bawah Al Quran

depokklik.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa mengharamkan pemimpin yang mengingkari janji dan tidak boleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *