Tuesday , August 14 2018
Home / Pedidikan / Ustadz Agus Saleh: Perlu Kita Siapkan Bekal Akhirat Yang Lebih Baik

Ustadz Agus Saleh: Perlu Kita Siapkan Bekal Akhirat Yang Lebih Baik

depokklik.com — Kita tidak menyadari bahwasanya alam dunia ini hanyalah merupakan tempat persinggahan bagi manusia untuk menempuh suatu perjalanan yang sangat jauh, tetapi mengapa banyak manusia yang terlena oleh kehidupan dunia dan melupakan kehidupan akhirat.

Bila kita menyadari, dunia ini merupakan tempat yang hina penuh dengan tipu daya dan senda gurau belaka. Mereka seolah meinginkan hidup kekal dan bahagia di dunia sampai melupakan kehidupan yang akan datang, padahal kehidupan akhirat lebih baik dan lebih kekal dari pada dunia. Karena itu menyiapkan bekal untuk kehidupan akhirat yang lebih baik mutlak untuk dilakukan

“Kita perlu bertanya pada diri kita sendiri, sudah siapkah bekal hidup di dunia ini untuk kehidupan di akhirat yang lebih baik? Dalam hidup di dunia ini kita hanya memanfaatkan sisa waktu saja untuk bekal akhirat, itupun hanya sekadarnya saja. Padahal  semua itu akan menentukan kehidupan selamanya di akhirat,” tutur Ustadz Haji Muhammad Agus Saleh dalam Kultum Ahad Malam di Masjid Baiturrahim, Perumahan Taman Cipayung, Kota Depok, 4 Maret 2018.

Dalam hal ini Ustadz Gus Sol, begitu beliau biasa dipanggil, mencoba mecontohkan dengan touring yang dilakuakn oleh warga, yaitu touring menggunakan sepeda motor dan touring menggunakan mobil, jauh-jauh hari sudah harus dipersiapkan.

“Saya contohkan, kasus touring yang dilakukan oleh warga, yaitu touring sepeda motor dan touring mobil, jauh-jauh hari sudah harus dipersiapkan. Dua minggu sudah disiapkan, baik kendaraan maupun fisik pengemudi,” tuturnya mencontohkan.

Contoh lain juga ditunjukkan oleh Gus Shol dengan perjalanan kita saat melaksanakan ibadah umroh. Ibadah itu dilakukan melalui tahapan-tahapan. Tahapan dalam perjalanan itu penuh dengan godaan.

“Sama halnya saat kita melakukan perjalanan Umroh. Kita transit di Kota Dubai untuk mengisi bahan bakar. Dengan melakukan transit hanya 2 atau 3 kali saja, kita mampu lihat hiruk pikuknya orang-orang di Kota itu, tetapi kita tidak tertarik untuk mengikuti hiruk pikuk tersebut. Karena niat kita hanya satu, ingin selekasnya menuju ke rumah Allah,” tutur praktisi ekonomi syariah ini.

Selanjutnya, Gus Shol menekan, jika touring yang sifatnya duniawi saja kita siapkan begitu rupa, seharusnya kehidupan di akhirat benar-benar kita siapkan dengan sebaik-baiknya, melebihi kehidupoan di dunia ini.

“Kalau touring motor atau mobil saja luar biasa kesiapan bekalnya. Dilakukan cek ini cek itu, supaya dalam touring itu aman lancar, padahal semua itu hanya merupakan kepentingan hidup di dunia yang sifatnya sesaat saja. Karena itu, untuk kehidupan akhirat harus benar-benar kita cek yang lebih baik,” pungkas Gus Shol mengingatkan. (is/syur)

Check Also

Masjid Baiturrahim Didik Anak Lewat Dongeng

depokklik.com — Cara yang paling tepat dan efektif untuk mendidik anak lewat media dongeng atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *