Saturday , May 26 2018
Home / Pedidikan / H.M. Mansyur: Islam Arahkan Orang Tua Pahami Perkembangan Anak

H.M. Mansyur: Islam Arahkan Orang Tua Pahami Perkembangan Anak

depoklik.com — Peran Agama Islam sangat diperlukan dalam mengarahkan orang tua untuk memahami perkembangan, pertumbuhan anak baik fisik maupun emosi atau mental, sehingga penerapan bimbingan, arahan secara bijaksana akan menentukan perkembangan anak selanjutnya menuju kedewasaan.

“Di sinilah peran Agama Islam sangat diperlukan untuk mengarahkan kemampuan pemahaman bagi orang tua tentang perkembangan, pertumbuhan anak baik fisik maupun emosi atau mental, sehingga penerapan bimbingan, arahan secara bijaksana akan menentukan perkembangan anak selanjutnya menuju kedewasaan,” tutur H.M. Mansyur dalam  Kajian Remaja Ruhul Islam Masjid Baiturahim Perumahan Taman Cipayung Kota Depok dengan tema, “Tinjauan Psikologis: Dunia Remaja,” pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018.

Dalam urainnya, H.M. Mansyur menjelaskan, pada masa remaja, sebenarnya masa yang tidak jelas artinya, tidak bisa lagi dikatakan anak, sementara belum bisa dikatakan dewasa. Jadi tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak, tetapi tidak juga termasuk golongan dewasa atau tua.

“Pada masa remaja, sebenarnya masa yang tidak jelas artinya, anak tidak anak, dewasa juga tidak dewasa. Jadi tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga termasuk golongan dewasa atau tua,” tuturnya.

Selanjutnya, Mansyur menjelaskan, sebagai masa peralihan di antara masa kanak-kanak dan dewasa, dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak, baik bentuk badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang.

“Kalau anak jelas segalanya tergantung kepada orang lain atau orang tua, dewasa juga jelas sudah mampu mandiri, hidup dengan kekuatannya sendiri,” tuturnya.

Menurut Mansyur, istilah remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Pada  masa  ini  memang pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat. Itu dinamakan masa pubertas. Berumur antara 12 – 21 tahun.

“Pada  perempuan pubertas ditandai dengan menstruasi pertama atau menarche, sedangkan pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah atau dikenal dengan pubertas dini. Masa pubertas itulah perkembangan remaja perlu adanya pengontrolan diri dari orang tua, masyarakat di lingkungan dimana mereka berada atau hidup,” jelasnya.

Selanjutnya Dosen Institut STAMI ini menjelaskan, ada beberapa kedewasaan, yaitu kedewasaan jasmani, dewasa rohani dan dewasa sosial. Kedewasaan jasmani secara sederhana anak sudah mampu memberi keturunan.

“Kedewasaan rohani anak sudah sampai pada suatu tingkat pemikiran dan tanggung jawab terhadap apa yang dia perbuat, tahu mana yang baik, mana yang buruk, mana yang harus dikerjakan, mana yang harus ditinggalkan. Dewasa sosial anak sudah memiliki kemampuan menyesuaikan diri dimana mereka berada atau hidup,” tandasnya.

Berkaitan dengan perkembangan emosi psikologi remaja, Mansyur menjelaskan bahwa tahap awal remaja ada sifat sensitif, reaktif yang kuat, emosi bersifat negatif dan temperamental seperti marah, sedih, mudah tersinggung, dan murung.

“Pada remaja akhir inilah sudah mulai mampu mengendalikan. Adanya lingkungan yang tidak kondusif, akan munculkan remaja yang agresif, yang melawan, keras kepala, berkelahi, suka menggangu dll. Kemudian adanya remaja yang lari dari kenyataan yang cenderung regresif, yang suka melamun, pendiam, senang menyendiri, mengkonsumsi obat penenang, minuman keras, atau obat terlarang,” tuturnya.

Menghadapi itu semua, sekali lagi H.M. Mansyur mengingatkan pentingnya Agama bagi orang tua untuk membimbing anak-anaknya.

“Di sinilah peran Agama Islam sangat diperlukan bagi orang tua untuk membimbing perkembangan, pertumbuhan anak baik fisik maupun emosi atau mental, sehingga penerapan bimbingan, arahan secara bijaksana akan menentukan perkembangan selanjutnya anak menuju kedewasaan,” pungkasnya. (is/sur)

Check Also

Ustadz Mansyur: Allah Melipatgandakan Pahala Kebaikan Manusia Tanpa Batas

depokklik.com — Setiap orang muslim di antara kita tentu menginginkan berumur panjang supaya bertambah kebaikannya. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *