Tuesday , October 23 2018
Home / Pedidikan / Ustadz Arif Budiman: Ramadhan Bulan Rahmad

Ustadz Arif Budiman: Ramadhan Bulan Rahmad

depokklik.com — Pada 10 hari pertama di Bulan Ramadhan adalah Bulan penuh Rahmad, di 10 hari pertengahan, penuh maghfiroh, 10 hari ke tiga pembebasan api neraka. Sekalipun hadits ini lemah, perlu disampaikan bahwa bulan ini dinamakan “Ramadhan”  karena pada saat awal penetapan nama-nama bulan bertepatan dengan musim yang amat panas “ramadha-yarmidhu” artinya terbakar terik marahari “Al Ramdha” artinya sangat panas.

“Perlu saya  sampaikan bahwa bulan ini dinamakan “Ramadhan”,  karena pada saat awal penetapan nama-nama bulan bertepatan dengan musim yang amat panas “ramadha-yarmidhu”, artinya terbakar terik matahari “Al Ramdha”, yang artinya sangat panas. Orang yang berpuasa merasakan panasnya tenggorokan karena saking hausnya, juga bisa bermakna cuaca panas terik membakar kulit,” tutur Ustadz Arif Budiman dalam Ceramah Sholat Tarawih, di Masjid Baiturrahim, Perum Taman Cipayung, Depok, Sabtu (19/5/2018).

Menurut Ustadz Arif, orang Indonesia patut bersyukur karena berpuasa hanya sekitar 13 jam. Sementara di Negara Islandia harus berpuasa 22 jam puasa, sehingga hanya menyisakan 2 jam kesempatan untuk makan. Hal ini menunjukkan Rahmad dari Allah bagi manusia Indonesia, karena itu kita harus pandai-pandainya untuk bersyukur.

“Alhamdulillah orang Indonesia berpuasa hanya sekitar 13 jam. Sedangkan di Negara Islandia harus berpuasa selama 22 jam, sehinga hanya menyisakan 2 jam kesempatan untuk makan. Hal ini menunjukkan Rahmad dari Allah bagi manusia Indonesia. Kalau kita tidak bersyukur, macam apa kita ini sebagai manusia Indonesia. Karena itu, hormatilah orang yang berpuasa jangan dibalik, hormati orang yang tidak puasa,” tuturnya.

Selanjutnya Ustadz Arif menjelaskan, dalam menjalankan ibadah puasa Allah hanya mengampuni orang yang mempunyai iman dan perhitungan dalam berpuasa. Sebagai bukti syukur, dicontohkan, salah satunya adalah manfaatkanlah sepertiga malam di setiap malam pada bulan Ramadhan untuk taqarrub kepada Allah.

“Sebagai bukti syukur, salah satunya adalah manfaatkanlah sepertiga malam di setiap malam pada bulan Ramadhan untuk taqarrub kepada Allah. Orang mau pulang kampung atau mudik dua bulan sebelumnya sudah diperhitungkan untuk mudik, bagaimana dengan ibadah di bulan Ramadhan harus penuh perhitungan,” jelasnya mengingatkan.

Di lingkungan Masjid Baiturrahim, Ustadz Arif mengajak jamaah untuk bersyukur karena sudah dilengkapi dengan AC, bersih, suasana nyaman, iktikaf sudah disiapkan pendaftarannya oleh DKM. Karena itu perlu memanfaatkan itu, tidak ada yang bisa menjamin kita bertemu di Bulan Ramadhan 1440 H tahun depan, karena itu tidak ada yang kurang untuk dapat memanfaatkan dengan lebih dekat kepada Allah.

“Manfaatkan  kesempatan Rahmad dari Allah. Kalau kita tidak memanfaatkan Rahmad Allah berarti kita menjadi manusia yang tidak bersyukur kepada Allah. Padahal sangat jelas sekali Allah akan menambah nikmat bagi yang bersyukur, yang tidak bersyukur saja masih diberi nikmat seperti panjang umur, masih diberi rezeki,  apalagi yang bersyukur,” pinta mantan Ketua DKM Baiturrahim ini.

Karena itu dia mengajak untuk menyambut kegembiraan dengan datangnya bulan Ramadhan dengan ucapan “Marhaban Ya Ramadhan”, bukan sebaliknya dengan menyambut kegembiraan bulan Ramadhan dengan ucapan “ah puasa datang lagi, lapar lapar lagi” tidak gembira. Sikap inilah yang cenderung menunjukkan celakanya mereka di akherat nanti. Sebaliknya yang senang dengan datangnya Bulan Ramadhan akan dijauhkan dari neraka. Inilah Rahmad dari Allah yang luar biasa.

“Allah luar biasa, penuh kasih sayang untuk manusia yang berpuasa, bagi kita seperti fisik kita kuat, yang mampu berilah pertolongan bagi yang lemah, semuanya ini akan kita terima balasan kebaikan dari Allah di akhirat kelak. Akhirnya, semuanya itu sebagai refleksi iman dan perhitungan untuk memanfaatkan bulan Ramadhan tahun ini,” pungkasnya. (is/syur)

Check Also

Ustadz Mansyur: Allah Melipatgandakan Pahala Kebaikan Manusia Tanpa Batas

depokklik.com — Setiap orang muslim di antara kita tentu menginginkan berumur panjang supaya bertambah kebaikannya. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *