Wednesday , November 14 2018
Home / Nasional / Nuroji: Untuk Jadi Besar, Indonesia Harus Jaga Persatuan

Nuroji: Untuk Jadi Besar, Indonesia Harus Jaga Persatuan

depokklik.com — Indonesia merupakan bangsa yang besar. Tidak hanya besar karena kekayaan alam yang dimilikinya, juga sumber daya manusianya yang unggul. Untuk menjaga dan mewujudkan hal itu semua, maka persatuan bangsa Indonesia tetap harus dijaga.

“Indonesia sebagai negara besar, baik dari sisi sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Untuk tetap menjagaaya, semua komponen anak bangsa harus bersatu dan bahu membawa menjaga potensi kebesaran bangsa ini,” tutur Anggota MPR RI dari Fraksi Partai GERINDRA, Ir. Nuroji, di Depok, Kamis 7 Juni 2018.

Menurut Nuroji, bisa saja rakyat Indonesia yang berBhineka Tunggal Ika bermimpi untuk menjadi negara Adidaya dengan dukungan sumber daya manusia yang besar. Populasi yang besar memberikan kesempatan pada sebuah negara untuk memiliki angkatan kerja yang maksimal pula.

“Indonesia memiliki kekayaan alam yang harus diolah agar bisa menjadi sesuatu yang berharga dan bernilai guna. Dan untuk mengolah sumber daya alam tersebut membutuhkan keahlian dan kekreatifan sumber daya manusia. Terbukti, dari sebuah kayu gelondongan oleh anak bangsa bisa disulap menjadi kerajinan mebel yang tidak polosan, tetapi dengan ukiran unik dan diminati oleh dunia,” tutur Anggota DPR RI Komisi X ini.

Baginya, Indonesia memiliki orang-orang kreatif dan genius yang mampu mengharumkan Indonesia di kancah dunia. Di zaman semakin modern dan semuanya memerlukan tekhnologi, tidak terlepas dari tangan-tangan kreatif anak bangsa. Telah diketahui, Indonesia memiliki animator yang diakui dunia, pelajar Indonesia selalu mendapat kemenangan di kompetisi robot internasional. Dan tak boleh dilupakan, anak bangsa sudah mampu membuat mobil serta pesawat sendiri.

“Untuk mewujudkan itu semua, salah satu kunci untuk Indonesia menjadi negara adidaya adalah dengan menjadi negara yang solid. Sebab, pengalaman dan sejarah sudah menegaskan, negara yang lebih solid secara internal akan mampu memenangkan persaingan. Sebaliknya negara yang kurang solid secara internal akan kalah nantinya,” tutur putra asli Depok ini.

Selanjutnya Anggota Dewan yang juga budayawan ini mengingatkan, Indonesia harus mampu menghindari konflik internal yang dapat mengganggu persatuan bangsa. Bukan waktunya lagi  Indonesia berlarut-larut dalam konflik antarsuku, ras dan agama, karena itu semua justru yang memperkaya kebudayaan bangsa.

“Harusnya sadar dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, Indonesia ada dengan perbedaan yang beragam bukan hanya milik satu golongan saja,” pungkas Nuroji. (is)

Check Also

Nuroji: Jaga Pancasila Lewat Penguatan Identitas Bangsa

depokklik.com — Fenomena kebebasan yang tak terkendali makin mewarnai dinamika politik akhir-akhir ini, banyak yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *