Thursday , September 20 2018
Home / Nasional / Nuroji: Asian Games Harus Jadi Pembangkit Rasa Nasionalisme

Nuroji: Asian Games Harus Jadi Pembangkit Rasa Nasionalisme

depokklik.com — Dipercayanya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-18 Tahun 2018, menunjukkan bahwa negara-negara di kawasan Asia pada umumnya menaruh harap pada Indonesia. Tentu, mewujudkan harapan tersebut tidak semudah menjentikkan jari tangan.

Menurut Anggota MPR RI dari Partai GERINDRA, Nuroji, di tengah sumber pendanaan yang tidak berlimpah ditambah mepetnya waktu persiapan, Indonesia harus berpacu dengan waktu dan keterbatasan dana untuk mempersiapkan perhelatan Asian Games. Dan dalam keterdesakan inilah kita harus mampu menunjukkan rasa nasionalisme kita kepada dunia lewat ajang Asian Games ini.

“Menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-18 Tahun 2018, adalah sebuah berkah bagi Indonesia. Dan dalam keterdesakan inilah kita harus mampu menunjukkan rasa nasionalisme kita kepada dunia lewat ajang Asian Games ini. Dari ajang olahraga terbesar di Asia itu, kita bisa menunjukkan bahwa kita bangsa yang besar,” tutur Nuroji dalam Sosialisasi Hasil Hasil Keputusan MPR RI, di Depok, Selasa 17 Juli 2018.

Apalagi beberapa tahun belakangan ini kita disibukkan dengan pertikaian politik para elite yang berdampak pada meruncingnya polarisasi di tengah masyarakat. Politik praktis, mendominasi tema perbincangan dalam ruang publik kita. Debat-debat tak bermutu yang seolah tak ada ujung itu kemudian menggeser perbincangan-perbincangan ihwal arah dan masa depan bangsa.

“Lingkaran setan berwujud nalar pikir itu lantas mengurung kita dalam kebekuan peradaban yang akut. Padahal, perjalanan peradaban bangsa-bangsa lain sudah menunjukkan capaian yang mencengangkan. Ketika negara-negara maju sudah sampai pada bahasan tentang kecerdasan buatan (artificial intelegences), kita masih sibuk berkutat dengan debat kusir khas talkshow politik pengejar rating,” tutur Nuroji mengingatkan.

Karena itu, putra asli Depok mengingatkan, penyelenggaraan Asian Games 2018 ini patut menjadi semacam momentum bagi Bangsa Indonesia untuk berbenah. Menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games adalah pertaruhan bangsa kita di depan negara-negara Asia juga dunia internasional pada umumnya.

“Keberhasilan kita menyelenggarakan Asian Games akan menjadi bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang mampu, kuat dan siap tampil dalam percaturan peradaban global. Kesuksesan kita sebagai tuan rumah Asian Games sekaligus juga akan dengan sendirinya menghapus stigma negatif yang selama ini melekat pada bangsa Indonesia,” tutur politisi yang juga budayawan ini. (is)

Check Also

Nuroji: Jaga Pancasila Lewat Penguatan Identitas Bangsa

depokklik.com — Fenomena kebebasan yang tak terkendali makin mewarnai dinamika politik akhir-akhir ini, banyak yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *