Tuesday , October 23 2018
Home / Depok / Kak Eman: “Banyak Baca, Maka Kau Akan Banyak Tahu”

Kak Eman: “Banyak Baca, Maka Kau Akan Banyak Tahu”

depokklik.com — “Saya pilih menjadi orang miskin yang tinggal di pondok penuh buku daripada menjadi raja yang tak punya hasrat untuk membaca,” begitulah kata Thomas Babington Macaulay (1800-1859), sejarawan Inggris karena menganggap begitu pentingnya membaca itu.

Membaca merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus mencerahkan. Membaca membantu kita lebih berwawasan, sukses dan hidup lebih baik. Tetapi ternyata kegemaran membaca belum dimiliki mayoritas orang, sebab mereka belum mengerti berjuta manfaat dari membaca.

Tak heran jika Kak Eman, pendongeng dari Kampung Dongeng (KaDo) Depok mengingatkan kita untuk membiasakan membaca agar dapat meraih yang kita cita-citakan.

“Siti namanya,  seorang anak yang cantik,  rajin belajar dan gemar membantu orangtuanya. Pada suatu malam, ‘Ibu,  aku mau belajar,  aku mau jadi anak yang pintar,  biar nanti saat aku sudah besar,  bisa mewujudkan cita-citaku’. ‘Ibu bangga padamu nak,  semoga dengan rajin belajar cita-citamu akan mudah terwujud,’ nasehat ibunya. ‘Baik Ibu,  besok ada pelajaran Bahasa Indonesia, aku mau belajar membaca dulu,  karena kata guruku,  banyak baca maka kau akan banyak tahu.  Jadi untuk banyak tahu ilmu aku harus bisa baca.’”,  tutur Kak Eman dalam dongeng kegiatam sosial KaDo Depok yang bertema “KaDo Peduli Lombok”, di Lembah Gurame,  Kota Depok, Ahad 23 September 2018.

Menurut Sekretaris KaDo Depok ini, membaca akan mampu membangun fondasi yang kuat untuk dapat mempelajari dan memahami berbagai disiplin ilmu, sekaligus mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan senang membaca akan dapat meningkatkan kecerdasan verbal dan lingusitik karena membaca memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata.

“Dan perlu diingat, membaca akan mencegah rabun mata, karena membaca melatih dan mengaktifkan otot-otot mata. Membaca mencegah kepikunan karena melibatkan tingkat konsentrasi lebih besar, mengaktifkan dan menyegarkan pikiran. Kegemaran membaca membantu meningkatkan kecerdasan, serta meningkatkan daya kreatifitas dan imajinasi,” tutur Kak Eman.

Kegiatan KaDo Depok kali ini, selain menjalankan salah satu program sosial dari kampung dongeng juga bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Kota Depok.  “Jadi,  ada dua agenda yang dilaksanakan pada pagi ini.  Yaitu,  menggalakkan kepada anak-anak agar senang untuk membaca dan kedua melatih sikap simpati kepada saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah di Lombok,” kata Kak Eman menjelaskan tujuan kegiatan KaDo Depok kali ini.

Kegiatan ini dikemas begitu menarik dengan cara menampilkan pertunjukan boneka (puppet show) dari Kak Taufan dan Bunda Ayu, yang diikuti dengan bazar baju layak pakai dengan jargon “ambil suka-suka,  bayar pun suka-suka” dan diakhiri dengan dongeng tentang “Manfaat Membaca dan Peduli Terhadap Sesama” yang disampaikan oleh Kak Eman.

Pada akhir dongengnya,  Kak Eman menutupnya dengan menampilkan sulap inspiratif. Selain menghibur, sulap yang ditampilkan mampu memasukkan sisi edukasi kepada anak-anak. (is/man)

Check Also

PMI Depok Gerak Cepat Atasi Bencana Longsor

depokklik.com — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, mengirimkan tim tanggap darurat untuk meninjau korban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *