Friday , January 18 2019
Home / Uncategorized / Kak Zaki: Banyak Kawan Banyak Wawasan

Kak Zaki: Banyak Kawan Banyak Wawasan

depokklik.com — “Banyak Kawan Banyak Wawasan,” begitu kata Kak Zaki panggilan dari Ketua Kampung Dongeng (KaDo) Depok, Zakaria Ahmad Efendi dalam mengawali acara Raker Kado Depok, di Perumahan Taman Cipayung, Kota Depok, Sabtu 5 Januari 2019.
 
Menurut Kak Zaki, dengan banyaknya kawan maka akan banyak wawasan. “Maka, pertama, pentingnya kita memperkuat keikhlasan relawan kampung dongeng. Di kampung dongeng tidak ada paksaan, semua itu berdasar keikhlasan.”
 
“Lakukan apa yang menjadikan kita rela untuk menjadi relawan di kampung dongeng. Ada yang menyebut dapat bermanfaat pada orang lain. Ada kepuasan terhadap apa yang dikerjakan. Adanya relasi yang banyak, dari panggung ke panggung, akhirnya muncul kepuasan diri atau self satisfaction,” tutur Kak Zaki.
 
Kedua, lanjut Kak Zaki, dengan banyaknya turun dari panggung ke panggung, maka kita akan mendapati teman yang banyak. Dengan banyaknya teman yang kita peroleh, maka rasa ingin tahu serta sikap peduli akan muncul.
 
“Muncullah rasa peduli kepada sesama di lingkungan kita, jangan sampai anak-anak di lingkungan kita terjerumus dalam ketidakbaikan. Karena itu dibutuhkan semua pihak untuk terlibat dalam kebaikan,” tutur Kak Zaki.
 
Ketiga, meet people, ingin bertemu dengan orang. Karena itu kata orang bijak, jika kita ingin sukses maka harus bertemu dengan orang sukses. “Ingin hebat, maka harus ketemu dengan orang hebat.”
 
Untuk yang keempat, mempelajari sesuatu. Kak Zaki menjelaskan, hal ini juga kita lakukan di kampung dongeng, jika ingin mempelajari berbagai hal. “Dengan mempelajari berbagai hal, maka kita akan mendapatkan pengetahuan yang luas. Karena itu mempelajari sesuatu di kampung dongeng menjadi hal yang penting.”
 
Kelima, mengembangkan kemampuan. Kak Zaki memaparkan bahwa dengan kemampuan yang dimiliki, maka bagaimana kemampuan itu dapat dikembangkan. “Karena itu kita harus berpikir, semakin mengalir ilmu itu, maka ilmu itu akan semakin berkembang.”
 
Yang terakhir, memperoleh pelatihan atau pengalaman. Sehingga jika tidak mengikuti satu kegiatan, maka ada kesedihan karena tidak dapat terlibat, maka kemampuan kita tidak bertambah.
 
Karena itu filosofis relawan adalah kerelaan karena kecintaan. Kak Zaki mencontohkan kerelaan yang telah ditunjukkan oleh sahabat nabi, seperti; Abdullah ibn Zubeir, Abdullah ibn Mas’ud, dan Ummu Imaroh yang rela dan ikhlas berkorban untuk Rasulullah.
 
“Contoh sahabat Rasul seperti Abdullah ibn Zubair, Abdulallah ibn Mas’ud, dan Ummu Imaroh keikhlasan dan pengorbanannya patut menjadi tauladan kita semua. Tak ada yang dipikirkan oleh mereka selain berupaya untuk menunjukkan kesetiaannya pada Rasulullah Muhammad SAW,” pungkas Kak Zaki. (is)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *