Tuesday , June 18 2019
Home / Uncategorized / Nuroji: Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Gerakan Kejujuran

Nuroji: Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Gerakan Kejujuran


depokklik.com — Kondisi Indonesia saat ini sangat buruk, dimana Indonesia mengalami berbagai masalah, baik di kalangan masyarakat maupun di kalangan pejabat. Di kalangan masyarakat baik remaja maupun orang dewasa banyak terjadi penyimpangan seperti banyaknya pelajar yang tawuran, mencuri bahkan menyalahgunakan narkoba.
 
Di kalangan para pejabat penyimpangan pun banyak terjadi, banyaknya para pejabat yang korupsi, manfaatkan kekuasaannya untuk kepentingannya sendiri. Masalah-masalah tersebut menghambat kemajuan bagi Indonesia sendiri. Bahkan para pejabat pun sudah tidak jujur dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.
 
“Penyebab dari semua masalah di atas salah satunya adalah mulai pudarnya kejujuran yang dimiliki bangsa Indonesia. Akhir-akhir ini kejujuran sudah mulai ditinggalkan, baik kejujuran kepada diri sendiri ataupun kejujuran terhadap orang lain. Bahkan muncul ketidakjujuran dalam penyelenggaraan pemilu,” tutur Anggota MPR RI Nuroji.
 
Nuroji juga mencontohkan kasus memanasnya pesta demokrasi tahun 2019 ini karena penguasa tidak fair dalam menyelenggarana Pemilu. Mulai dari pengerahan aparat sipil negara untuk mendukung paslon petahana, penggunaan fasilitas negara, pengendalian penyelenggara pemilu dst.
 
“Masalah kejujuran merupakan sangat penting dalam pemilu. Jujur menjadi pangkal dalam konteks komunikasi politik terjadinya pemilu yang damai aman dan sejuk. Salah satu ketidakjujuran yang utama dan terjadi saat ini adalah keberadaan lembaga survei. Sejumlah lembaga tersebut selalu mengatakan pelaksanaan survei dibiayai sendiri. Padahal banyak yang tahu jika lembaga tersebut dibiayai pihak tertentu,” tandas politisi Partai GERINDRA ini dalam Sosialisasi Keputusan Keputusan MPR RI, di Kota Depok, Sabtu 30 Maret 2019.
 
Untuk mengatasi permasalahan-permasalah yang sekarang ini banyak terjadi di Indonesia, menurut Nuroji, perlu adanya gerakan kejujuran untuk bangsa Indonesia. Pentingnya suatu gerakan kejujuran adalah karena sikap tidak jujur, sangat buruk dampaknya pada bangsa ini jika ketidakjujuran sudah dianggap sebagai hal yang sudah biasa.
 
“Kita perlu membuat gerakan kejujuran untuk bangsa Indonesia. Menanamkan kejujuran pada bangsa Indonesia yaitu dengan membina sejak dini untuk selalu berperilaku jujur, agar nantinya saat seseorang dewasa ia akan selalu bersikap jujur, dan merasa tidak nyaman jika berbohong. Pentingnya jujur sejak kecil, dapat dimulai ketika masih duduk dibangku Sekolah Dasar. Diawali dari sekolah dasar, seseorang bisa terbiasa untuk selalu bersikap jujur misalnya dengan tidak mencontek saat ujian. Tentu disini diperlukan pula partisipasi dari para guru agar membimbing dan mengawasi anak muridnya untuk selalu jujur,” pungkas Nuroji. (is/ir)

Check Also

Nuroji: Semangat Kebangsaan Mampu Atasi Derasnya Informasi

depokklik.com — Derasnya informasi yang sedemikian bebas sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi, telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *