Sunday , December 15 2019
Home / Pedidikan / Kado Depok Lakukan “Gerakan” Bunda Mendongeng

Kado Depok Lakukan “Gerakan” Bunda Mendongeng

depokklik.com —- Kampoeng Dongeng Kota Depok (Kado Depok) melakukan gerakan bunda mendongeng dengan mengadakan workhsop bunda-bunda mendongeng pada hari Kamis 28 Nopember 2019. Tujuannya dari diadakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bunda-bunda dalam mendongeng kepada anak-anaknya.

“Tujuan diadakannya workshop kali ini adalah sebagai upaya bunda-bunda untuk menimba ilmu sekaligus praktek mendongeng dan bermanfaat bagi putra-putrinya,” tutur Ketua Panitia Workshop Bunda-bunda Mendongeng Kampoeng Dongeng Kota Depok, Sitti Maisarah Thawil yang biasa dipanggil Kak May dalam sambutannya, Kamis 28 Nopember 2019, di TPA Ta’am Annisa, Beji, Kota Depok.

Menurut Kak May, workshop mendongeng bagi bunda-bunda ini serentak dilakukan di minimal 100 titik di seluruh nusantara. Menurutnya, hari dongeng nasional akan diperingati setiap tahunnya, salah satunya dengan penyelenggaraan worksop mendongeng. Peserta yang mendaftar sebanyak 40 orang.

“Kompoeng Dongeng Depok bersedia bersinergi dengan bunda-bunda untuk mengadakan pelatihan untuk pendampingan mendongeng bagi anak-anaknya. Juga bersedia untuk diundang di berbagai acara-acara hiburan keluarga maupun warga,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah TPA Ta’am Annisa Ibu Asnah Aca mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya workshop mendongeng bagi bunda-bunda. “Hal itu akan sangat berguna bagi peningkatan kemampuan bunda-bunda dalam mendongeng, dengan begitu akan mampu untuk membantu bunda-bunda dalam memotivasi proses belajar anak-anak,” jelasnya.

Ibu Asnah juga menginginkan acara-acara ini dapat diselenggarakan kembali di TPA Ta’am Annisa.

Sedangkan praktisi pendidikan anak usia dini, Bunda Husna menilai, dongeng dapat menjadi salah satu media hiburan untuk anak di samping televisi. “Sehingga, bila dibandingkan dengan menonton televisi, dongeng mampu memberikan manfaat yang lebih banyak,” tutur Bunda Husna.

Menurut Bunda Husna, membacakan dongeng yang tepat pada anak dapat memberikan manfaat pada perkembangan psikologis dan kecerdasan emosional anak. Lalu, manfaat apa saja yang didapat?

“Setidaknya ada 5 (lima) manfaat bila bunda-bunda mendongeng pada anak-anak: pertama, menumbuhkan kebiasaan membaca. Kedua, memperkaya kosa kata anak. Ketiga, membentuk karakter anak. Keempat, membantu anak dalam masa pertumbuhannya. Dan kelima, melatih kemampuan berpikir kritis dan daya imajinasi,” tandasnya.

Sedangkan Ketua Kampoeng Dongeng Kota Depok, Eman Surya atau sering dipanggil Kak Eman, mendidik anak itu tidak mendadak, tetapi butuh proses yang panjang. Dan dunia anak itu merupakan dunia bermain. “Dan bermain bagi anak tidak main-main. Bermain itu Serius,” tutur Kak Eman.

Kak Eman juga mengingatkan bahwa anak berkembang secara psikologis. Karena itu, jangan acuh terhadap anak, mereka butuh komunikasi untuk merangsang pertumbuhannya. “Ajak berbicara, bernyanyi dan bercerita,” ajak Kak Eman terhadap bunda-bunda peserta workshop.

Workshop bunda-bunda mendongeng, selain menampilkan dua pembicara juga menampilkan praktek mendongeng yang dilakukan oleh Kak Erna, pendongeng cilik Kak Nilam dan Kak Agha, serta praktek mendongeng yang dilakukan oleh bunda-bunda peserta workshop. (is)

Check Also

Masjid Baiturrahim Didik Anak Lewat Dongeng

depokklik.com — Cara yang paling tepat dan efektif untuk mendidik anak lewat media dongeng atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *