Monday , March 30 2020
Home / Pedidikan / Ruhul Islam Baiturrahim Akan Bagkitkan Remaja Dengan Kegiatan Kreatif dan Inovatif

Ruhul Islam Baiturrahim Akan Bagkitkan Remaja Dengan Kegiatan Kreatif dan Inovatif


depokklik.com — Sesuai dengan visi dan misi pembinaan Masjid Baiturrahim Perumahan Taman Cipayung Kota Depok, bahwa visinya adalah membentuk generasi muda yang kreatif, intelektual, bersolidaritas tinggi, berakhlak mulia, dan bertakwaserta melahirkan pemimpin muda berbasis masjid dalam bingkai persatuan ummat.

“Sedangkan misinya antara lain, membina remaja untuk memahami ajaran Islam yang baik dan benar dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pengadaan kegiatan yang berorientasi pada pembinaan remaja yang memiliki nilai positif. Melahirkan kader-kader muda yang kreatif, mandiri serta berkarakter pemimpin berbasis masjid. Serta kaderisasi terencana guna meneruskan kelanjutan organisasi,” tutur Koordinator Sub Bidang Pembinaan Remaja Masjid Baiturrahim, Hajjah Erni Muktiastuti dalam program kerjanya.

Sementara itu dalam pertemuan Remaja Masjid Ruhul Islam, Ahad 22 Desember 2019, di Perumahan Taman Cipayung, tersimpul bahwa untuk dapat menarik remaja yang lain dalam berkegiatan, perlu menyelenggarakan kegiatan yang lebih kreatif dan inovatif.

“Kita itu perlu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya lebih kreatif dan inovatif, begitu. Artinya, kegiatan itu tidak monoton sekadar pengajian di masjid, tetapi bisa dilakukan dengan kegiatan di luar masjid. Kegiatan pertama yang perlu dibuat adalah yang unik dan menarik. Contoh, workhshop yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan remaja. Pilihannya antara lain, digital lifestyle, sosial media, serta internet sehat,” tutur Sekretaris Remaja Ruhul Islam, Nibras.

Selain kegiatan yang kreatif dan inovatif yang sifatnya keahlian, juga perlu adanya kegiatan yang mampu memberi tantangan, membangun adrenalin para remaja, yaitu kegiatan-kegiatan tantangan di lapangan.

“Saya tertarik dengan yang disampaikan oleh para pembina remaja, seperti pelatihan relawan bencana bagi remaja. Bagi saya hal itu merupakan kegiatan yang cukup menantang. Dengan begitu remaja dapat berbuat positif untuk kepentingan orang banyak,” tutur Anggota Remaja Ruhul Islam, Miftah yang sering dipanggil Bejo.

Bejo juga menjelaskan bahwa dengan diadakannya pelatihan remaja siaga bencana tersebut, maka pengetahuan dan keterampilan bagi para remaja relawan dalam menghadapi berbagai kondisi sebelum, saat dan setelah terjadi bencana akan terisi. “Tentu saja hal ini cukup penting bagi remaja,” tutur Bejo.

Apa yang disampaikan oleh para remaja, seperti Nibras dan Bejo di atas, juga dikuatkan oleh Ketua Ruhul Islam, Fata bahwa memang saat ini kegiatan remaja banyak yang mengalami kevakuman, karena itu perlu dikembangkan kegiatan-kegiatan yang tidak monoton.

“Saya mendukung dan akan mendorong diadakan kegiatan-kegiatan yang diarahkan untuk menghindari kejenuhan pada remaja, sehingga perlu dibuat kegiatan yang bervariasi. Seperti pelatihan atau workshop tentang publik speaking yang diarahkan untuk melatih kemampuan dan keberanian remaja, dan tafakur alam yang diharapkan remaja akan terbuka dengan dunia luar,” tutur Fata.

Dalam pertemuan yang dipandu oleh tim pembina Remaja Ruhul Islam, Denny Herawan, Dwi Adhi Setiono, Rici Ricardo, dan Agus Ismanto, dihadiri juga oleh 11 (sebelas) Pengurus dan anggota Remaja Ruhul Islam, yaitu; Fata, Nibras, Bejo (Miftah), Rehan, Arkan, Azfa, Hanief, Rama, Kyara, Annis, dan Septiani.

Dalam pertemuan tersebut juga muncul gagasan-gagasan baik kegiatan mandiri atau membantu Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), seperti; terlibat dalam penyusunan jadwal Master of Ceremony (MC) dan Kuliha Tujuh Menit (Kultum), workshop dongeng, dan kajian buku. (is)

Check Also

H.M. Mansyur: Islam Arahkan Orang Tua Pahami Perkembangan Anak

depoklik.com — Peran Agama Islam sangat diperlukan dalam mengarahkan orang tua untuk memahami perkembangan, pertumbuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *