Tuesday , December 1 2020
Home / Depok / Warga Perumahan Taman Cipayung Depok Intensif Lakukan Pencegahan Virus Corona

Warga Perumahan Taman Cipayung Depok Intensif Lakukan Pencegahan Virus Corona

depokklik.com — Untuk mencegah terjadinya penularan Virus Corona (Covid-19) di lingkungan Perumahan Taman Cipayung, warga Perumahan Taman Cipayung Kota Depok, secara intensif melakukan pencegahan. Salah satu yang dilakukan adalah dengan penyemprotan cairan disinfektan.

“Untuk mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona di lingkungan Perumahan Taman Cipayung ini, kita secara intensif melakukan penyemprotan di setiap rumah di lingkungan perumahan. Tentu saja penyemprotan ini  tidak kita lakukan hanya sekali, tetapi akan kita lakukan terus-menerus, seminggu dua kali,” tutur Ketua Rukun Warga (RW) 027 Perumahan Taman Cipayung Kota Depok, Bambang Djunaeidi kepada depokklik.com, di sela-sela gotong-royong penyemprotan oleh warga, Rabu 8 April 2020.

Bambang juga menjelaskan bahwa penyemprotan yang dilakukan dengan cairan disinfektan, atau dikenal dengan istilah disinfeksi, merupakan salah satu cara pencegahan penyebaran penyakit akibat virus corona (Covid-19).

“Penyemprotan yang dilakukan dengan cairan disinfektan ini merupakan salah satu cara pencegahan penyebaran penyakit akibat virus corona (Covid-19). Tentu saja, perlu saya pertegas bahwa cara ini tidak berjalan sendirian, masih banyak yang dilakukan oleh warga dalam upaya melakukan pencegahan virus ini,” tuturnya menegaskan.

Selain dilakukannya penyemprotan, juga dilakukan langkah pencegahan yang mengikuti standar untuk mencegah penyebaran infeksi, seperti sosialisasikan kepada warga agar selalu melakukan cuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun, menerapkan etika batuk dan bersin.

“Selanjutnya, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar serta menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin. Juga memakai masker. Dan masih banyak yang lainnya,” tambah pria asal Yogyakarta tersebut.

Tentu saja, menurut pria yang sudah menjabat sebagai Ketua RW periode ketiga ini, dirinya merasa berterima kasih karena warga yang dipimpinnya mudah dan tanggap untuk terlibat dalam upaya-upaya pencegahan virus yang cukup berbahaya ini. Dan ini menjadi modal utama bagi lingkungan Perumahan Taman Cipayung untuk secara sigap mengatasi masalah tersebut.

“Tentu saja saya merasakan partisipasi yang luar biasa dari seluruh warga perumahan ini. Baik secara personal, seluruh pengurus RT, seluruh pengurus RW, bahkan kerjasama kami dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahim yang cukup baik, sehingga setiap langkah yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik. Namun demikian, masih banyak hal yang harus kita lakukan untuk upaya kita bersama dalam pencegahan virus ini,” pungkasnya.

Terkait penularan Virus Corona di Kota Depok, menurut Dashboard Kasus COVID-19 Provinsi Jawa Barat, Update Terakhir: Rabu, 8 Apr 2020 18.13, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1948 orang, Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 500 orang, Positif Aktif sebanyak 38 orang, Sembuh sebanyak 7 orang, dan meniggal sebanyak 2 orang. (is)

Check Also

Kampung Dongeng Depok Asah Kemampuan Relawannya

depokklik.com — “Di sebuah hutan yang sejuk, dengan pohon-pohon yang tinggi, hiduplah seekor anak jerapah, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *