Wednesday , October 28 2020
Home / Nasional / Alasan Kesehatan, Istri Jenderal Andika Gunakan Masker Seharga Rp 22 Juta

Alasan Kesehatan, Istri Jenderal Andika Gunakan Masker Seharga Rp 22 Juta

depokklik.com – Terungkap sudah!!! Masker Istri KSAD Jenderal Andika Perkasa sempat menjadi sorotan publik. Pasalnya masker yang digunakan sang istri seharga Rp 22 juta.

Setelah foto sang istri memakai masker tersebut viral, KSAD Andika akhirnya menjelaskan mengapa istrinya memakai masker dengan harga selangit.

Andika mengatakan, istrinya Diah Erwiany Trisnamurti (Hetty) memakai masker tersebut karena menderita penyakit terkait infeksi virus.

Dikarenakan virus tersebut, maka imunitas Hetty menurun, sehingga mudah tertular virus lainnya.

Untuk itu, Andika menjelaskan bahwa proteksi juga harus lebih ketat karena Hetty mudah lelah.

Selain itu Andika mengatakan masker yang digunakan istrinya juga disarankan oleh dokter untuk pemakaiannya.

“Jadi istri saya sakit berat. Saya tidak usah menyebutkan nama penyakitnya. Virus based. Pokoknya yang berhubungan dengan infeksi. Nah, di saat itu kan stamina turun, sehingga mudah tertular virus. Virus itu mudah masuk, sehingga proteksinya harus berlebih,” kata Andika.

Seperti diketahui, masker yang digunakan istri KSAD, merupakan masker Cleanspace Halo.

Masker besutan perusahaan Cleanspace Technology merupakan respirator yang diklaim menawarkan perlindungan lebih baik dibanding masker N95 atau sistem pemurni udara.

Udara yang mengalir pada masker ini sudah melewati proses filtrasi. Produk ini tidak diproduksi di Indonesia, namun ada importir di Indonesia yang menjual produk masker ini.

Masker yang memiliki filter khusus ini bahkan memiliki teknologi tinggi dan efektif menahan partikel ultrakecil seperti Virus Corona.

Sebelumnya Etty sempat menjadi perhatian publik. Tampilannya menggunakan masker yang tak biasa dinilai berlebihan. Setelah dilacak, ternyata masker berbentuk unik itu dibanderol harga Rp22 juta.

Terlihat ada rongga yang luang untuknya bernapas normal, meski menggunakan masker.

Hetty memakai masker itu dalam beberapa kesempatan. Terbaru, ia memakai masker itu saat menemani sang suami berolahraga bersama para taruna di Akademi Militer (Akmil), di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (5/7/2020).

Sebelumnya, Hetty juga tampak menggunakan masker ini saat teleconference dengan para perawat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, pada 16 April silam.

Bukan hanya bentuknya yang unik, masker yang dipakai Hetty itu ternyata memiliki harga yang fantastis.

Tak main-main, masker respiratori bermerek Halo besutan perusahaan asal Amerika Serikat, CleanSpace Technology itu diketahui dijual di pasaran dengan harga Rp 22 juta.

Masker yang dipakai Hetty itu memang beda dari masker pada umumnya.

Dikutip dari salah satu situs penjual produk itu, blessindo.co.id, masker tersebut didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan penggunanya tetap menghirup udara segar dengan normal meski mulut dan hidungnya tertutup.

Selain itu, bentuknya yang transparan memudahkan penggunanya berkomunikasi dengan satu sama lain.

Dengan harganya yang puluhan juta, masker yang dipakai Hetty itu memang memiliki banyak kelebihan. Masker itu dilengkapi teknologi mutakhir.

Purifying respirator yang digunakan memiliki kemampuan menyaring pastikel debu dan kotoran kecil termasuk virus dan bakteri.

Bahkan, perusahaan mengklaim bahwa masker ini lebih canggih dari Powered Air Purifying Respirator (PAPR) alias pemurni udara.

Masker itu juga disebut memiliki kemampuan untuk menyaring 99,97 persen partikel kecil berukuran mencapai 0,3 mikro, termasuk bio hazard.

Yang lebih canggihnya lagi, masker ini didesain dengan tampilan ringan meliputi berat hanya 350 gram.

Selain itu masker tersebut juga dilengkapi dengan tekonologi canggih lainnya yakni AirSensit System yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi dengan mudah tanpa rasa sesak.

Teknologi AirSensit System yang digunakan berfungsi sebagai mengontrol tekanan, aliran udara, dan penutup muka transparan yang memudahkan komunikasi.

Selain itu, masker ini juga tak banyak dilengkapi tombol, yakni hanya ada tombol start atau stop yang memudahkan penggunaan.

Kelebihan lainnya yang dimiliki masker itu adalah dapat digunakan berulang kali tanpa mengkhawartirkan perihal kebersihan dan higienitas.

Ini karena masker HALO dilengkapi dengan sertifikat IP 66 alias jaminan tahan debu dan air.

Hal ini memungkinkan masker untuk dibersihkan dengan air dan sabun sebelum dipakai kembali.

Selain itu, masker ini juga dilengkapi dengan baterai untuk penyaringan udara yang bisa bertahan hingga 9 jam penuh dengan durasi pengisian hanya 2 jam.

Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Halik Malik mengamini bahwa masker istri KSAD itu berkualitas sangat baik.

“Iya proteksinya lebih tinggi. Tapi harganya tergolong mahal,” kata Halik.

Halik menjelaskan, masker respiratori memang lebih nyaman. Apalagi dia tidak bersifat sekali pakai atau bisa dicas berulang-ulang.

“Kita rekomendasikan di ruang isolasi. Terutama di ruang ICU isolasi untuk tindakan yang berisiko terhadap paparan aerosol/airborne,” urai Halik. (*)

Check Also

Jajaki Kerjasama Pertanian, Menhan Prabowo Subianto Bertemu Menteri Pertanian Turki

depokklik.com — Guna menjajaki kerjsama pertahanan dan pertanian, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *