Home / Depok / Ingin Menyelanggarakan Maulid, Berikut Hal yang Harus Diperhatikan

Ingin Menyelanggarakan Maulid, Berikut Hal yang Harus Diperhatikan

depokklik.com – Humas Kementerian Agama Kota Depok, Lan Setiawan mengatakan penyelenggara dan peserta maulid diminta menyiapkan aplikasi Peduli Lindungi. Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama No SE 29 Tahun 2021 Pedoman Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Besar Keagamaan (PHBK) pada masa Covid-19.

lebih lanjut ia menambahkan semua yang melangsungkan wajib menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, baik di daerah PPKM Level 1 sampai 4. Memang secara aturan dari Kementerian Agama RI, bagi daerah yang masih dalam PPKM level 3 dan 4, lebih dianjurkan untuk melangsungkan Maulid Nabi secara daring. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila melangsungkan secara luring.

“Dalam penyelenggaraan Maulid Nabi, dilarang melakukan pawai atau arak-arakan yang melibatkan peserta dalam skala besar. Jika harus melaksanakan secara terbuka hal berikut perlu di perhatikan: pertama, peringatan maulid harus dilakukan di ruang terbuka. Kedua, bila dilakukan di dalam ruangan misalnya di masjid dan mushalla, maksimal peserta harus 50 persen. Ketiga, peserta yang harus jadi prioritas dari warga sekitar. Keempat, menerapkan protokol kesehatan serta koordinasi dengan Satgas Covid-19,” terangnya seperti yang di wartakan Radar Depok, minggu (17/10) kemarin.

Penyelenggara juga harus melarang peserta yang berusia 60 tahun ke atas dan ibu hamil, dan lebih menganjurkan agar ikut secara daring. Sehingga penyelenggara wajib menyajikan siaran secara daring untuk memberikan kesempatan peserta tersebut ikut perayaan Maulid Nabi. Lalu, penyelenggara untuk tidak memutarkan kotak amal ke setiap peserta untuk menjaga kontak antar peserta. Sebelum dan sesudah penyelenggaraan lokasi harus di semprot disinfektan untuk melakukan pencegahan penularan di lokasi penyelenggaraan.

“Penceramah juga harus memberikan pesan kepada masyarakat tentang kedisiplinan protokol kesehatan,” tandas Lan. (Rls)

Check Also

Bertemu Tokoh KADIN, Ini Yang Disampaikan Ketua IPEMI Depok

depokklik.com – Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Depok mengadakan pertemuan bersama para sesepuh Kamar Dagang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *