Home / Pedidikan / Tingkatkan Kemampuan Guru, Sekolah Cikal Madani Lakukan Up Grade Kapasitas Psikologis & Karakter

Tingkatkan Kemampuan Guru, Sekolah Cikal Madani Lakukan Up Grade Kapasitas Psikologis & Karakter

Depokklik.com — Dalam upaya meningkatkan kapasitas tenaga pendidik yang handal dan berkualitas, Sekolah Cikal Madani menyelenggarakan up grade psikologi dan karakter untuk guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cikal Madani.

Tujuan diselenggarakannya upgrade adalah meningkatkan kapasitas calon guru PAUD terkait psikologi anak usia dini dan kurikulum Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) tersebut, diselenggrakan di Sekolah Cikal Madani, Pondok Rajeg, Bogor, Ahad (22 Mei 2022).

Dalam acara tersebut, ada dua nara sumber yang hadir, pertama, Direktur Farida Aini Consulting, Farida Aini, yang mengulas psikologi anak usia dini. Dengan penekanan terhadap kebutuhan pengembangan motorik kasar, motorik halus,  sensorik dan bentuk-bentuk kegiatan permainan yang dibutuhkan.

“Dengan demikian, untuk psikologi pendidikan anak usia dini, penekanan terhadap kebutuhan pengembangan motorik kasar, motorik halus,  sensorik dan bentuk-bentuk kegiatan permainan yang dibutuhkan,” tutur Farida.

Selanjutnya Farida menjelaskan, motorik halus merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan dan tugas sehari-hari. Sedangkan motorik kasar, merupakan perkembangan gerak yang meliputi keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh.

“Untuk sensorik merupakan proses yang mengacu pada kemampuan otak untuk menerima, menafsirkan, dan menggunakan informasi secara efektif yang disalurkan melalui panca indera. Permainan sering menjadi cara untuk melatih kemampuan sensorik anak balita,” tandas Farida.

Nara sumber kedua, Trainer Indonesian Heritage Foundation (IHF), Halim Muhammad, yang mengulas Kurikulum Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK). Dijelaskan bahwa tugas utama Guru PAUD adalah menumbuhkan karakter-karakter positif. PHBK menyebut karakter positif tersebut dengan 9 pilar karakter dan 4K

“Tugas utama Guru PAUD adalah menumbuhkan karakter-karakter positif. Dalam Kurikulum Pendidikan Holistik Berbasis Karakter menyebut karakter positif tersebut dengan 9 pilar karakter dan 4K,” tutur Halim.

Dalam penjelasan Kurikulum Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK), 9 pilar karakter dan 4K, yaitu;

Pertama, cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya

Kedua, mandiri, disiplin, dan tanggung jawab

Ketiga, jujur, amanah, dan berkata bijak

Keempat, hormat, santun, dan pendengar yang baik

Kelima, dermawan, suka menolong, dan kerja sama

Keenam, percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah

Ketujuh, pemimpin yang baik dan adil

Kedelapan, baik dan rendah hati

Kesembilan, cinta damai dan bersatu

Dan K4 yang meliputi; kebersihan, kerapian, kesehatan, dan keamanan.

Dalam acara tersebut hadir, Ketua Yayasan Cikal Madani Istiqomah Jamil, Pembina Sekolah Cikal Madani Ahmad Fauzi, Sani Arafat, Yayan Surahman, Ani, guru Sekolah Cikal Madani Yusi, Salma, dan Sri. (is/zi/ni/da)

Check Also

Nuroji: Sumber Daya Manusia Berkualitas, Bangkitkan Indonesia

Depokklik.com — Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kebutuhan yang tidak dapat diabaikan bagi suatu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *