Home / Pedidikan / Nuroji: Sumber Daya Manusia Berkualitas, Bangkitkan Indonesia

Nuroji: Sumber Daya Manusia Berkualitas, Bangkitkan Indonesia

Depokklik.com — Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kebutuhan yang tidak dapat diabaikan bagi suatu bangsa. Tidak terkecuali bagi Bangsa Indonesia. Dengan SDM yang berkualitas, Indonesia akan bangkit dan akan mampu bersaing dengan bangsa besar lainnya.

“Indonesia akan bangkit dan menjadi negara yang besar jika Sumber Daya Manusianya berkualitas. Hal itu akan dapat dicapai jika SDM Indonesia mendapatkan pendidikan yang baik dan berkualitas,” tutur Anggota MPR RI dari Fraksi Partai GERINDRA, Nuroji, dalam Sosialisasi Hasil-hasil Keputusan MPR RI, di Depok, Kamis (2/6/2022).

Menurut Nuroji, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan proses yang tidak pernah berakhir (never ending process), yang hasilnya baru dapat kita petik pada jangka waktu yang panjang.

“Pembangunan SDM melalui jalur pendidikan merupakan proses panjang dimana dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan dalam perjalanannya. Dengan begitu, pendidikan menjadi modal strategis bagi Indonesia untuk melakukan penguatan SDMnya,” jelas Nuroji.

Nuroji bahkan mengingatakan kalau kita sering mengabaikan pembangunan SDM bangsa, terlihat dari pembangunan yang kita prioritaskan justru yang hanya berbentuk fisik, sementara pembangunan yang terkait dengan SDM dianggap kurang memberikan dampak langsung terhadap penilaian kemajuan bangsa.

“Karena itu, bangsa yang maju adalah bangsa yang melakukan investasi besar-besaran di bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM warga negaranya,” tandas Anggota DPR RI Komisi X, yang membidangi pendidikan ini.

Selanjutnya putra asli Kota Depok ini mengingatkan bahwa konstitusi kita sudah menggariskan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berkewajiban untuk mengalokasikan anggaran untuk pendidikan sebesar 20% pada penganggaran APBN maupun APBD.

“Dalam bidang pendidikan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah perlu senantiasa melaksanakan amanat UUD Negara 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran pendidikan, setidaknya 20% dalam APBN maupun APBD,” pungkasnya. (is/ir)

Check Also

PETUALANGAN FARHAN Di arah Barat

Oleh: Agha Abitha Ismanto depokklik.com — Farhan yang sudah berpamitan dengan Nugro langsung bejalan menuju …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *