Monday , October 19 2020
Home / Depok / Pemko Depok Beri Insentif Pengurus RT, RW, dan LPM se-Bojongsari
ONE

Pemko Depok Beri Insentif Pengurus RT, RW, dan LPM se-Bojongsari

depokklik.com — Pemerintah Kota Depok memberikan insentif kepada 423 pengurus RT, RW, dan LPM se-Kecamatan Bojongsari. Insentif diberikan untuk bantuan operasional tahun anggaran 2015 di kantor Kecamatan Bojongsari.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok, Widyati Riyandani, mengatakan di Kecamatan Bojongsari terdapat 334 RT, 82 RW, dan 7 LPM yang tersebar di tujuh kelurahan. “Total yang mendapatkan insentif 423 orang pengurus,” kata Bu Wid, sapaan Widyati Riyandani.

Ia menjelaskan besaran insentif yang diberikan bervariasi, bergantung pada jabatannya. Ketua RT mendapat Rp 1,2 juta, RW Rp 1,5 juta, dan LPM Rp 2 juta. Jumlah tersebut akan dipotong PPH 21 sebesar 5 persen.

“Bantuan operasional ini merupakan apresiasi kepada mereka yang bersinergi dengan pemerintah di kelurahan dan kecamatan dalam memajukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bu Wid menjelaskan di seluruh Depok terdapat 5.100 RT, 895 RW, dan 63 LPM. LPM kecamatan dan kKota tidak mendapat insentif.

“Aturannya LPM sesuai kementerian dalam Permendagri Nomor 5 Tahun 2007 tentang Penataan Lembaga Kemasyarakatan, jadi hanya tingkat kelurahan saja,” paparnya.

Dia mengungkapkan, tahun lalu, pencairan insentif dilakukan di bulan Maret, sedangkan tahun ini terkendala dalam mengumpulkan data kepengurusan karena banyak yang mengalami perubahan dan pencairan ini berdasarkan data yang diterima di bulan Mei.

Kendati demikian, pihaknya masih memberikan kesempatan kepada pengurus RT, RW, dan LPM yang belum terdata sehingga belum menerima dana insentif.

“Namun dilampirkan SK dari lurah dan susunan kepengurusannya. Insya Allah hari ini bisa selesai semuanya,” ungkapnya.

Bu Wid menambahkan pencairan di Bojongsari merupakan yang kedua setelah Tapos. Selanjutnya, pada Rabu (24/6), pencairan dilakukan di Cimanggis, Kamis (25/6) Sawangan, Jumat (26/6) Cipayung dan Pancoran Mas, Senin (29/6) Cinere, Selasa (30/6) Limo dan Beji, terakhir Rabu (31/6) di Sukmajaya dan Cilodong.

“Semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (*)

Check Also

Kak Eman: “Banyak Baca, Maka Kau Akan Banyak Tahu”

depokklik.com — “Saya pilih menjadi orang miskin yang tinggal di pondok penuh buku daripada menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *