Thursday , July 9 2020
Home / Politik / Nuroji: Tanamkan Cinta Tanah Air Dalam Kehidupan Sehari-hari

Nuroji: Tanamkan Cinta Tanah Air Dalam Kehidupan Sehari-hari


depokklik.com — Sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentu saja kita harus mengetahui dan memahami apa saja hak dan kewajiban sebagai warga negara. Dengan itu, kita akan dapat melakukan berbagai macam kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia, salah satunya adalah dengan mencintai tanah air kita, Indonesia.
 
“Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan rasa cinta tanah air, di antaranya bersikap patriotisme. Namun demikian, upaya untuk menanamkan rasa cinta tanah air, hendaklah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Anggota MPR RI dari Fraksi Partai GERINDRA, Nuroji, dalam acara sosialiasi hasil-hasil keputusan MPR RI, di Kota Depok, Selasa 11 Februari 2020.
 
“Yang pertama adalah sebagai warga Indonesia kita harus bersikap patriotis, patriotis sendiri adalah sikap berkorban yang bisa kita lakukan untuk negara. Sikap patriotis yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan rasa cinta kita terhadap negara kita yaitu Indonesia,” tambah Nuroji.
 
Nuroji mengingatkan bahwa walaupun kita bukan pahlawan, bukan berarti kita tidak bisa bersikap patriotis, walau kita semua hanyalah masyarakat biasa, tetap saja kita bisa menjadi warga yang patriotis dengan peduli dan mencintai Bangsa Indonesia dengan segenap jiwa dan raga. “Harus rela berkorban demi tanah air, itu merupakan salah satu tanda cinta kepada Indonesia,” ingatnya.
 
Wujud cinta tanah air yang lain dijelaskan oleh Anggota Komisi IX DPR RI ini, bahwa sekarang ini jaman sudah berkembang, kita bahkan bisa membeli barang-barang dari luar negeri. Bahkan ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli barang branded.
 
“Salah satu cara meningkatkan rasa cinta tanah air Indonesia adalah dengan mencintai produk Indonesia. Selain lebih terjangkau harganya, hal ini juga bisa mewujudkan rasa cinta nyata kepada negara sendiri. Dengan membeli produk asli Indonesia dapat meningkatkan ekonomi negara Indonesia juga. Hal ini juga bisa menjadi salah satu contoh dari tindakan nasionalisme,” jelas Nuroji.
 
Anggota Dewan yang juga budayawan ini mengingatkan bahwa untuk mencintai tanah air jangan sampai melupakan budaya dan tradisi, karena di jaman modern, jangan sampai budaya dan tradisi kita tergerus oleh budaya asing.
 
“Jaman sudah semakin modern, dan yang menjadi ironis adalah sekarang ini budaya dan tradisi khas Indonesia mulai tergerus dengan budaya asing. Belajar budaya asing boleh saja, namun jangan sampai lupa untuk menyaringnya. Sebagai warga Indonesia yang baik sudah selayaknya kita terus melestarikan budaya dan tradisi kita,” tandas Nuroji.
 
Yang terakhir, Nuroji menambahkan, perlu adanya upaya meningkatkan kerukunan sesama warga masyarakat. Dengan langkah tersebut, tentu saja akan menghindari sikap untuk melakukan adu domba sesama masyarakat.
 
“Kita jaga dengan cara meningkatkan kerukunan sesama warga masyarakat. Jangan mengadu domba sesama masyarakat, saling menghargai satu sama lain di tengah perbedaan yang ada dan juga meningkatkan rasa toleransi kepada sesama,” pungkasnya. (is)

Check Also

Nuroji: Indonesia Perlu Menjaga Keberagaman

depokklik.com — Keberagaman di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindarkan. Karena sejak awal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *