Monday , October 19 2020
Home / Nasional / Nuroji: Kita Perlu Bersatu Hadapi Covid-19

Nuroji: Kita Perlu Bersatu Hadapi Covid-19

depokklik.com — Wabah virus corona (Covid-19) telah menghempaskan masyarkat dunia. Tak juga terhindarkan, Indonesia. Hal itu tidak hanya berdampak terhadap kesehatan, tetapi juga terhadap sosial ekonomi. Namun demikian, sebenarnya bencana tersebut akan bisa diatasi jika seluruh elemen masyarakat memiliki rasa solidaritas dan rasa kebersamaan.

Tentu saja sebagai masyarakat yang memiliki budaya gotong-royong dan rasa kebersamaan dalam menghadapi pandemi Covid-19, ada sedikit yang bisa diringan dari beban corona ini. Masyarakat turun tangan melakukan gerakan kemanusiaan tanpa pamrih untuk menanggulangi wabah Corona di tanah air.

Mereka rela merogoh kocek atau menyumbangkan sebagian harta bendanya untuk membantu penanganan dampak virus ini. Aksi mereka pun beragam; membagikan masker; penyemprotan disinfektan; menyediakan perlengkapan cuci tangan atau hand sanitizer; mengumpulkan donasi untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis dan tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam perang melawan Covid-19; dan aksi sosial lainnya.

“Gerakan kemanusiaan tersebut muncul atas kesadaran dan inisiatif masyarakat sendiri untuk memerangi pandemi Covid-19 dan memutus persebarannya. Rasa kebersamaan. Inilah yang menjadi modal utama dalam mengatasi wabah corona ini,” tutur Anggota MPR RI dari Fraksi Partai GERINDRA, Nuroji dalam Sosialisasi Keputusan MPR RI, di Depok (14 Juli 2020).

Dirinya mengakui bahwa masyarakat sadar betul bahwa upaya penanggulangan dan pencegahan pandemi Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, melainkan butuh peran serta masyarakat. Keterlibatan masyarakat sangat penting dalam rangka mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 di bumi pertiwi.

“Bentuk solidaritas dan kepedulian sosial masyarakat ini perlu diapresiasi. Kita patut berbangga ternyata persatuan Indonesia masih terjaga. Dalam situasi seperti sekarang memang yang dibutuhkan adalah kebersamaan dan persatuan dari seluruh anak bangsa. Bukan sebaliknya saling menghujat, menghina dan bercerai-berai. Persatuan dan kebersamaan akan mempercepat bencana sosial ini segera berakhir,” tuturnya mengapresiasi.

Selanjutnya Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Kota Depok dan Kota Bekasi ini berharap terhadap masyarakat untuk terus menjaga kebersamaan dan persatuan untuk mengatasi masalah bangsa.

“Kita jadikan momentum pandemi Covid-19 untuk merekatkan kembali kebersamaan dan persatuan bangsa Indonesia yang sempat terpolarisasi akibat pemilihan kepala daerah maupun pemilihan presiden beberapa waktu lalu,” ungkap Nuroji menyudahi. (*)

Check Also

Hadapi Ragam Spektrum Tantangan saat ini & Masa Depan, Panglima TNI-Pangab Singapura Bahas Latihan dan Kerja Sama Militer

depokklik.com – Menghadapi beragam spektrum tantangan saat ini dan tangan masa depan, Panglima TNI-Pangab Singapura …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *