Wednesday , October 28 2020
Home / Depok / Petugas Satpol PP Depok Tegas, Warga Depok Tak Pakai Masker Kena Denda

Petugas Satpol PP Depok Tegas, Warga Depok Tak Pakai Masker Kena Denda

depokklik.com — Petugas Satpol PP Kota Depok bertindak tegas terhadap warga yang tidak memakai masker. Dalam Razia, warga tak bermasker dikenai denda Rp 50 ribu, sesuai dengan surat edaran Walikota Depok.

Sanksi denda Rp 50 ribu bagi warga yang melanggar protokol kesehatan di Kota Depok mulai berlaku hari ini. Di hari pertama denda diterapkan ini, ada 12 warga yang tidak memakai masker kena razia petugas Satpol PP Kota Depok.

“Ada 12 orang, dari kendaraan roda dua dan pejalan kaki,” Kata Kepala Satpol PP Depok Lienda Ratnanurdianny kepada wartawan di Depok, Kamis (23/7/2020).

Ke-12 warga yang tidak pakai masker itu langsung dikenai denda sebesar Rp 50 ribu. Penerapan denda ini diharapkan menjadi efek jera bagi warga lainnya.

“Tapi untuk saat ini untuk pelanggaran tahap pertama ini denda administratifnya kita terapkan Rp 50 ribu yang minimal,” tuturnya.

“Karena yang penting efek jeranya. Dari masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol pencegahan COVID-19 pada saat pandemi ini,” tambahnya.

Razia ini digelar di simpang traffic light 1, Jl Margonda Raya, Beji, Depok. Ada belasan anggota Satpol PP Depok, TNI-Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), hingga petugas Damkar Kota Depok yang terlibat dalam razia ini.

Sejumlah pengendara yang tidak memakai masker kemudian disetop petugas. Petugas kemudian menindak pelanggar tersebut.

Dalam kesempatan ini, petugas juga sekaligus melakukan sosialisasi kembali ke masyarakat soal sanksi denda administratif bagi warga yang tidak memakai masker.

“Gerakan Depok bermasker bahwa akan dilakukan kenakan administrasi denda. Intinya efek jera kepada masyarakat yang masih belum disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” kata Lienda.

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Depok memberlakukan sanksi bagi warga yang tidak memakai masker di tempat umum. Sanksi tersebut berupa denda hingga sanksi sosial.

“Mulai hari Kamis, 23 Juli 2020, akan dilakukan penertiban dan dikenakan sanksi berupa denda Rp 50.000 bagi yang tidak menggunakan masker di tempat umum (kecuali saat sedang makan, berpidato, dan melakukan olah raga untuk memperkuat jantung dan paru-paru),” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Selain denda, Pemkot Depok akan memberlakukan sanksi sosial bagi pelanggar aturan. Sanksi sosial berupa membersihkan fasilitas umum menggunakan rompi.

“Soal sanksi itu adalah pilihan untuk menegakkan protokol kesehatan untuk kebaikan semua. Sanksi bisa denda administrasi Rp 50 ribu atau sanksi sosial berupa membersihkan fasilitas umum,” terang Dadang. (*)

Check Also

Kampung Dongeng Depok Asah Kemampuan Relawannya

depokklik.com — “Di sebuah hutan yang sejuk, dengan pohon-pohon yang tinggi, hiduplah seekor anak jerapah, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *