Monday , May 17 2021
Home / Pedidikan / Nuroji: Pendidikan Kita Jangan Abaikan Nilai-nilai Agama

Nuroji: Pendidikan Kita Jangan Abaikan Nilai-nilai Agama

depokklik.com — Sejumlah pihak, seperti Muhammadiyah menyoroti tidak adanya frasa “agama” dalam draf Peta Jalan Pendidikan Indonesia Tahun 2035. Hal ini dinilai sebagai problem yang serius yang perlu dijadikan masukan penting bagi pemerintah. Agar kita berpikir bukan dari aspek priomordial, tetapi berpikir secara konstitusional, karena itu sudah tertera langsung tanpa perlu interpretasi di dalam Pasal 31 Undang-undang Dasar NRI 1945.

Dalam isi visi draf Peta Jalan Pendidikan Indonesia Tahun 2035 menyebutkan, “Membangun rakyat Indonesia untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul, terus berkembang, sejahtera, dan berakhlak mulia dengan menumbuhkan nilai-nilai budaya Indonesia dan Pancasila.”

Menanggapi hal itu, Anggota MPR RI yang juga Anggota DPR RI Komisi X, yang membidangi pendidikan, Nuroji mengatakan, pendidikan Indonesia ke depan harus konsisten untuk tetap menjaga nilai-nilai dasar perjuangan Bangsa Indonesia, yaitu nilai-nilai religiusitas yang bersumber dari agama.

“Pendidikan nasional jangan mengabaikan nilai-nilai agama. Sebaba, pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” tutur Nuroji dalam Sosialisasi Hasil-hasil Keputusan MPR RI, di Depok, Rabu (3/2/2021).

Terkait Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035, Nuroji menjelaskan bahwa Komisi X DPR RI meminta Kemdikbud untuk menyempurnakan lagi draf yang dibawa ke DPR sesuai dengan masukan yang telah diberikan oleh masyarakat dan DPR.

“Saat ini status Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035 oleh Kemdikbud masih berupa rancangan yang terus disempurnakan dengan mendengar dan menampung masukan serta kritik membangun dari berbagai pihak dengan semangat yang sama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan untuk generasi penerus bangsa. Karena itu, kami minta Kemdikbud untuk melakukan penyempurnaan terhadap draf yang telah dibuat,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk bisa mencapai tujuan tersebut, lanjut politisi dari Partai GERINDRA ini, sektor pendidikan wajib memperhatikan pembentukan karakter peserta didik di zaman Millennials (Gen Y) ini. Karena di Negara Indonesia, permasalahan mengenai karakter atau moral anak bangsa telah menjadi sorotan public (public spotlight), dimana menyebabkan penyakit sosial atau kasus-kasus mengenai kekerasan, pencurian, penyalahgunaan obatobat terlarang seperti narkoba dan obat-obat terlarang, pornografi, kebiasaan menyontek dan pergaulan bebas yang dilakukan oleh pelajar.

“Akar dari semua tindakan yang jahat dan buruk, tindakan kejahatan, terletak pada hilangnya karakter. Karakter inilah yang harus dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku yang khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara,” tandasnya.

Hal yang tidak bisa diabaikan adalah, perlunya pembinaan karakter yang harus menjadi salah satu agenda Nasional Indonesia. Karena problem yang dihadapi Bangsa Indonesia bukan hanya persoalan banyaknya warga negara yang belum mengenyam pendidikan yang layak, tetapi juga persoalan pendidikan yang belum mampu membentuk karakter dan integritas masyarakat.

“Hal di atas terbukti ketika berbagai penyelewengan seperti korupsi, ketidakadilan, dan berbagai tindakan amoral lainnya yang dilakukan oleh kaum terpelajar, bahkan pelakunya tidak jarang alumni terbaik dari perguruan tinggi terkemuka. Karena pada dasarnya, membangun negara adalah membentuk warga yang berkarakter baik, mulai dari rumah, sekolah atau lingkungan sekitar. Oleh karena itu pendidikan berperan sebagai motor penggerak untuk memfasilitasi perkembangan karakter, sehingga akhirnya seluruh anggota masyarakat mempunyai kesadaran kehidupan bangsa dan bernegara yang harmonis dan demokratis,” pungkasnya. (*)

Check Also

Ruhul Islam Baiturrahim Akan Bagkitkan Remaja Dengan Kegiatan Kreatif dan Inovatif

depokklik.com — Sesuai dengan visi dan misi pembinaan Masjid Baiturrahim Perumahan Taman Cipayung Kota Depok, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *