Home / Pedidikan / Nuroji: Pendidikan Semestinya Siapkan Manusia Miliki Skill untuk Jalani Hidup

Nuroji: Pendidikan Semestinya Siapkan Manusia Miliki Skill untuk Jalani Hidup

Depokklik.com — Pertanyaan yang muncul dalam masyarakat, apa sebenarnya tujuan pendidikan itu? Tentu setiap orang banyak berbeda dalam mengartikan tujuan pendidikan. Pendidikan semestinya menjadi sarana untuk untuk membangun skill agar mampu mengatasi hidupnya.

“Tentu saja, tujuan pendidikan adalah untuk menyiapkan manusia agar siap dalam menjalani hidupnya. Pendidikan juga bisa membantu manusia, supaya mempunyai skill untuk menjalani hidup,” tutur Anggota MPR RI dari Fraksi Partai GERINDRA, Nuroji dalam Sosialisasi Hasil-hasil Keputusan MPR RI, di Depok, Jum’at, 5 Agustus 2022.

Masalahnya, menurut Nuroji, apakah sekolah sudah berperan seperti itu? “Sekolah yang ada belum bisa mencapai tujuan tersebut. Karena ketika di sekolah mendapatkan nilai tinggi, sayangnya nilai tinggi di sekolah belum bisa menjamin kehidupan kita di masa depan,” tuturnya.

Selanjutnya, Anggota DPR RI Komisi X yang membidangi pendidikan ini menjelaskan, walaupun ada yang mengatakan nilai yang didapat di sekolah itu berkorelasi dengan kesuksesan kehidupan, tetapi kebanyakan yang kita temui orang yang tidak sekolah masih tetap bisa masuk ke dalam standar sukses.

“Yang kita lihat justru, sekolah itu hanya menjelaskan ‘apa’, tapi bukan ‘kenapa’. Bahkan yang kita lihat, sekolah justru membunuh kreativitas muridnya. Karena tidak memancing siswa untuk bersikap  kreatif dan yang diajarkan di sekolah tidak relevan dengan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandas Nuroji.

Ketidakkreatifan siswa dalam dunia pendidikan, tentu saja disebabkan kualitas guru yang cukup rendah. Hal inilah yang mengakibatkan pendidikan kita masih terpuruk, yang mengakibatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sangat rendah.

“Indonesia memiliki sedikit guru yang profesional atau ahli dalam bidangnya, sehingga tidak memiliki performa yang maksimal dalam mengajar. Hal itulah yang mengakibatkan kualitas pendidikan di Indonesia sangat rendah,” papar Nuroji.

Kembali pada tujuan pendidikan, Nuroji merujuk pada apa yang dipikirkan oleh Ki Hajar Dewantara seratus tahun yang lalu bahwa pendidikan merupakan suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak didik. Sehingga, anak-anak memiliki perisai dalam menjalani hidupnya di masa depan.

“Pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tinggnya. Dengan pencapaian keselamatan dan kebahagiaan hidup yang tinggi, maka akan mendapati manusia Indonesia unggul,” ucap Nuroji meyakinkan. (is/ir)

 

Check Also

PETUALANGAN FARHAN Di arah Barat

Oleh: Agha Abitha Ismanto depokklik.com — Farhan yang sudah berpamitan dengan Nugro langsung bejalan menuju …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *